36 Penerima Manfaat Beasiswa Sang Surya Ikuti Pembinaan Bersama Lazismu Banyumas

25/08/2020

Banyumas – LAZISMU. Banyak generasi muda yang bermimpi ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Tetapi, tidak banyak dari mereka yang mampu mewujudkan cita-citanya. Di Indonesia, jumlah generasi muda yang menempuh pendidikan tinggi angkanya masih terbilang kecil.  

Angka partisipasi kasarnya hanya berjumlah 60 persen persen. Seperti dilansir kompas.com (12/2/2020), lulusan sekolah menengah atas di Indonesia tak bisa mengakses perguruan tinggi.  

Ada banyak faktor yang melatar-belakanginya. Dari beragam faktor penyebabnya, kondisi ekonomi keluarga menjadi faktor utamanya. Selanjutnya, biaya kuliah yang terlalu tinggi turut memengaruhi faktor lainnya. 

Dalam beberapa hal, sebagai solusi dari persoalan ini, banyak lembaga yang memberikan alternatif agar bisa mengakses pendidikan tinggi, salah satunya dengan program beasiswa. Seperti dilakukan  Lazismu melalui program beasiswa Sang Surya. 

Program tersebut untuk membantu mewujudkan cita-cita generasi muda yang ingin melanjutkan pendidikan sarjana yang terkendala dengan masalah finansial. Lazismu Banyumas, saat ini tengah membantu sebanyak 60 mahasiswa dalam mewujudkan cita-citanya. 

Dari jumlah penerima manfaat tersebut, mereka rata-rata memilih perguruan yang dipilihnya sesuai jenjang S1 dan S2, serta mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar negeri.

Disampaikan oleh Direktur Eksekutif  Lazismu Banyumas, Sabar Waluyo, bahwa untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan generasi muda, Lazismu hadir sebagai lembaga yang peduli terhadap nasib pendidikan generasi muda. 

Tujuannya lanjut Sabar, selain untuk menerima tantangan dan menambah wawasan, penerima manfaat atau calon penerima beasiswa dari Lazismu Banyumas mendapat bekal dan pembinaan. Pembekalan dilakukan pada Sabtu, 22 Agustus 2020, bertempat di Aula Abdu Dardiri Kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas.

Sebanyak 36 orang peserta mengikuti pembekalan ini, dengan menghadirkan narasumber berpengalaman dan narasumber dari persyarikatan Muhammadiyah untuk berbagi informasi yang dibutuhkan oleh penerima manfaat. Hadir dalam pembekalan itu, Ketua PDM Dr. Ibnu Hasan, M.Si, Direktur Eksekutif Lazismu Banyumas Sabar Waluyo, S.E. dan Dosen Fakulltas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Purwokerto Encep Saefudin, S.E, M.Si. (jnd)