Aisyiyah – Lazismu Gelar Program Pencegahan Covid-19 dengan Berbagi Bibit Tanaman Bayam

24/08/2020

Jakarta – LAZISMU. Aisyiyah bersama mitra utamanya Lazismu, mengadakan kegiatan bertema Peningkatan Peran ‘Aisyiyah dalam Upaya Pencegahan Covid-19 melalui Gerakan ‘Aisyiyah Sehat (GRASS). Kegiatan ini merupakan implementasi program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang diinisiasi Kementerian Kesehatan.

Disebutkan oleh Wawan Dharmansyah selaku Sekretaris Badan Pengurus Lazismu Jakarta Barat, di tengah pandemi, peran serta masyarakat menjadi salah satu kunci keberhasilan dari pemutusan mata rantai penularan.

“Sebagai salah satu organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia, ‘Aisyiyah turut ambil peran membantu pemerintah dalam pencegahan virus mematikan ini,” katanya.

Program ini, menggandeng Lazismu Jakarta Barat, dengan fokus kegiatan pada pemberdayaan individu dan keluarga dalam mempraktikan protokol kesehatan secara optimal melalui program ketahanan pangan di lima kabupaten/kota yang masuk dalam zona merah.

Khusus di Jakarta Barat, Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) bersama Lazismu hadir pada kegiatan pembagian benih tanaman kepada penerima manfaat, khsusnya 60 orang selaku warga di Kecamatan Grogol, Petamburan dan Kecamatan Tambora yang terkena dampak Covid 19.

Pelaksaaan kegiatan ini dimulai dari Juli – September 2020, tidak hanya memanfaatkan waktu luang, melalui kegiatan ini kondisi jenuh menjadi teratasi karena kegiatan yang bernilai positif. Lazismu sendiri melengkapi kegiatan ini dengan memebagikan rompi kepada 20 peserta dan bantuan biaya operasional senilai Rp 3 juta.

Wawan merinci, dalam pelaksanaannya juga melalui tahapan-tahapan seperti sosialisasi, survei dan antisipasi dan mawas diri serta monitoring setelah kegiatan berlangsung sehingga ada proses pendampingan dan monev pada 25 Agustus 2020.

Adapun pelaksanaan kegiatan dilakukan di dua RW antara lain RW 05 dan RW 07, Keluarahan Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol, Petamburan, Jakarta Barat. Pimpinan Daerah Aisyiyah Jakarta Barat dan Lazismu Jakarta Barat bersinergi dan berbagi peran dalam melakukan program ketahanan pangan melalui pembagian bibit. (na)