• info@lazismu.org


Andhika Terharu Saat Bantuan Kursi Roda Lazismu Tiba di Rumahnya

05/10/2019

Surabaya – LAZISMU. Kepedulian terhadap penyandang disabilitas selalu menjadi perhatian Lazismu sebagai lembaga amil zakat. Penyandang disabilitas sendiri memiliki peran penting dalam beberapa tujuan Sustainable Development Goals (SDG’s). Seperti pendidikan, pertumbuhan, hak mendapat kesetaraan dan perlakuan yang sama layaknya manusia yang normal.  

Dengan merangkul penyandang disabilitas, Lazismu juga telah mengimplementasikan 13 rekomendasi hasil muktamar Muhammadiyah 2015, tentang melayani dan memberdayakan kelompok difabel dan kelompok rentan lainnya.  

 

Di Surabaya, pada 4 Oktober lalu, Lazismu memberikan bantuan kursi roda kepada Andika Putra Nurdiansyah di rumahnya Jalan Tanjungsari IV/30 Surabaya. Kursi roda berasal dari komunitas PSR yang diserahkan kepada Lazismu.

 

Ketua Lazismu Kota Surabaya, Sunarko, di rumah Andhika, mengatakan, Andhika Putra Nurdiansyah tinggal bersama kakeknya di Tanjungsari IV/30 RT 009, RW 002 Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Sukomenunggal Surabaya. “Andhika Putra Nurdiansyah ini memiliki riwayat lemah otot,” katanya.

 

Orang tua Andhika sudah berpisah sejak 7 tahun lalu, sehingga dia dirawat oleh kakek dan neneknya. Sejak kelas 1 SD mengalami lemah otot sampai sekarang,” pungkasnya.

 

Menurut Sunarko, Andhika tinggal di rumah bersama kakeknya Imam Subagio. Usianya 64 tahun dengan pekerjaan sebagai penjahit. “Bekerja sebagai penjahit penghasilan yang didapat hanya Rp 50 ribu setiap hari.

 

Adapun neneknya, Sukana, usianya 59 tahun, setiap hari nenek Andhika membantu adiknya jualan gorengan dan es dengan penghasilan Rp 35 ribu setiap hari. Latar belakang inilah yang menjadi alasan Lazismu untuk membantu Andhika, karena memang layak untuk mendapat bantuan dari Lazismu. (hb)