Atap Rumah Roboh, Lazismu Benahi Rumah Milik Tiga Kakak Beradik

24/08/2020

Magetan – LAZISMU. Rumah tak beratap yang ditempati tiga kakak beradik di Desa Mojopurno adalah peninggalan orang tuanya. Kondisinya rusak parah. Mereka bertiga kebingungan harus melakukan apalagi karena tak ada biaya sedikit pun untuk memperbaiki.

Rumah warisan dengan luas 9.5 x 8.5 meter itu roboh. Kayunya sudah lapuk dimakan usia. Ketika roboh tidak ada orang yang jadi korban. Kejadiannya, 3 Agustus 2020. Alhamdulilah puing dan atap rumahnya tak menimpa penghuninya, kebetulan mereka sedang berada di halaman belakang mengolah daging kurban pembagian dari panitia kurban.

Bukhori, Imam Suhadi dan Ummi Samingatin, semuanya tinggal satu atap di rumah itu, yang berada di Kecamatan Ngariboyo, Magetan. Dua dari tiga kaka beradik ini sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Rumah yang mereka tinggali bersama itu, ruang utama serta atapnya roboh dan ambruk total.

Untuk membenahi rumah yang roboh butuh biaya yang tidak sedikit. Apalagi mereka dalam kondisi ekonomi yang rapuh, karena hanya bekerja serabutan. Setidaknya memperbaiki rumah dengan kondisi tersebut membutuhkan Rp 15 juta dengan rincian membenahi atap, agar atap rumah bisa tertutup.

Kehadiran Lazismu kabupaten Magetan dalam merespons persoalan yang dihadapi Bukhori dan saudaranya dinanti partisipasinya. Peran Lazismu dalam hal ini memberikan bantuan dalam program benah rumah, dengan menopang seluruh kebutuhan renovasi rumah sampai selesai. Bersama sanak saudaranya, Lazismu juga melakukan crowdfunding, menghimpun dana dari para dermawan agar rumah itu dapat diperbaiki.

Dalam penggalangan dana, berhasil terkumpul dana kira-kira sudah mencapai 66 persen, sisanya dari total biaya yang dibutuhkan semoga datang dari para donatur. Sementara itu, Lazismu Wilayah Jatim menambah dana yang tersisa sehingga terkumpul dana yang cukup untuk membenahi rumah.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Yakub Trijuna Kaharudin selaku Dewan Pengawas Lazismu Magetan, yang disaksikan Zainul Muslimin selaku Ketua Lazismu wilayah Jatim di rumah penerima manfaat pada pertengahan Agustus kemarin. Diharapkan dalam tiga hari ke depan rumah sudah tuntas diperbaiki.

Bukhori dan saudaranya mengucapkan terima kasih atas bantuan dari Lazismu. Kami yang sedang dilanda kesulitan, benar-benar merasakan manfaat kehadiran Lazismu. “Terima kasih banyak atas kedatangan bapak-bapak dari Muhammadiyah dan Lazismu, yang telah memerhatikan kondisi keluarga kami,” tukas Ummi penuh haru.

Semoga dengan diperbaikinya rumah ini dapat menjadikan kehidupan ketiga kakak beradik itu dapat normal kembali.  (lazismujatim)