• info@lazismu.org


Dari Rapat Kecil, IPM Gerakan Kompas PM Serahkan Donasi Rp. 11.701.000 ke Lazismu

01/10/2019

Ngawi – LAZISMU. Berangkat dari keprihatinan yang terus memuncak tentang bencana alam yang melanda di sebagian wilayah Indonesia terutama Karhutla dan kriris air bersih karena kemarau panjang. Di tambah lagi dengan berita di media massa yang mengabarkan semakin buruknya kondisi di sana.  Pada 22 September 2019, anggota Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Ngawi menggelar rapat kecil. Dalam rapat kecil itu, IPM menyikapi tindakan apa yang harus ditempuh sebagai bagian dari pelajar di Indonesia. Akhirnya bersama ketua domisioner periode 2017-2019, para anggota rapat sepakat untuk menggerakkan komunitas yang bernama Kompas PM se- kabupaten Ngawi.

 

Kompas PM adalah Komando Pasukan Pelajar Muhammadiyah. Komunitas internal di IPM yang akan menjalankan aksi penggalangan dana. Menurut Miftakhuddin selaku Ketua PD IPM Ngawi, aksi tersebut bukan hanya untuk Riau namun juga untuk membantu bencana yang ada di kota Ngawi sendiri yaitu kekeringan.

 

Pada saat rapat itu, kepengurusan PD IPM Ngawi, membuat surat perijinan dan mengurus hal administrasi untuk kelancaran kegiatan aksi yang dilakukan Kompas PM. Persiapan dilakukan, kata Uddin, IPM membuat Famplet, surat, dan kotak infak yang terbuat dari kerdus bekas. Kegiatan ini bagian dari instruksi yang pada hari itu pun harus selesai dikerjakan, sambung Uddin.

 

Di hari berikutnya, 23 September, PD IPM Ngawi, bersama Kompas PM bergerak ke jalan-jalan sebagai titik strategis penggalangan dana. “Ada 3 titik penggalangan dana sosial kemanusiaan, di kota Ngawi, Widodaren, dan Mantingan,” katanya.

 

Kegiatan dimulai saat pulang sekolah sekitar pukul 14.00 WIB sampai pukul 16.30 WIB. Dalam kegiatan tersebut IPM tetap memberi jeda pada setiap waktu salat Ashar tiba. “Jadi penggalangan dana tidak perlu khawatir akan tertinggal-nya salat Ashar,” beber Uddin sapaan Karin Miftahkhuddin.




 

Kegiatan yang melibatkan komunitas Kompas PM, berjalan 4 hari. Sabtu malam Ahad, IPM kumpulkan jadi satu semua uang yang telah terkumpul. Kisaran total semua donasi sebesar Rp 11.701.000.

 

Malam Ahad kami kumpulkan sebab bersamaan dengan jadwal rapat bulanan PD IPM Ngawi, agar mudah berkumpul. Ahad pagi perwakilan beberapa anggota PD IPM Ngawi dan Kompas PM mengantarkan uang tersebut ke Lazizmu Ngawi melalui bapak Supeno.

 

Bapak Supeno selaku Wakil Ketua Pengurus Lazismu Ngawi, sangat mengapresiasi dengan apa yang telah IPM lakukan. ,Harapan IPM hanya ingin mereka yang membutuhkan cepat diringankan bebannya. "Kita di Ngawi yang masih aman wajib bersyukur atas kenikmatan yang masih terus kita rasakan sampai hari ini,” tutup Ketua PD IPM Ngawi Miftakhudin. (na)