• info@lazismu.org


Didukung Lazismu, Akbar Juara Tiga Makalah Ilmiah Minyak dan Gas Bumi Di Ajang SPE Canada

15/10/2019

Jakarta – LAZISMU. Kebahagiaan Muhammad Nur Ali Akbar membuncah. Ia gembira bukan kepayang. Pasalnya setelah tampil dan mempresentasikan kertas kerjanya dalam Society of Petroleum Engineers atau dikenal dengan SPE, berhasil juara tiga. Akbar menjadi orang Indonesia pertama yang berhasil menjuarai kompetisi ini sebagai second runner-up.

Sebelumnya, melalui akun twitternya pada 8 Agustus 2019, Akbar mengunggah postingannya yang berisi memohon dukungan kepada Presiden RI dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

 

Dengan menyebut kedua tokoh itu, ia mengatakan: Saya akan menjadi perwakilan Indonesia dan Eropa untuk mengikuti kompetisi tingkat dunia di ajang student paper contest 2019 di bidang oil and gas di SPE Annual Technical Conference and Exhibition (ATCE) 2019. Tetapi sy belum memiliki sponsor.

 

Dalam kicauannya Akbar seraya menampilkan sertifikat kejuaraan jurnal karya ilmiah tingkat Eropa yang berhasil diraihnya menjadi juara pertama pada April 2019, dengan judul penelitian: “New Approaches of Porosity-Permeability Estimations and Quality Factor Characterization based on Sonic Velocity, Critical Porosity, and Rock Typing”.

Kemudian Akbar melenggang di kontes dunia berikutnya menghadapi 13 perwakilan regional dari seluruh dunia di ATCE 2019 yang berlokasi di Calgary, Alberta, Canada, tepatnya di BMO Centre at Stampede Park. Acara dilaksanakan pada 30 September sampai 2 Oktober 2019 di Gedung Big Four.




 
Diajang inilah Akbar meraih juara ketiga, sekaligus orang pertama dari Indonesia yang menjuarai kompetisi ini. Adapun adapun juara pertama dimenangkan dari perwakilan Jepang (University of Kyushu) dan juara kedua ditempati oleh perwakilan Amerika (Stanford University).

Sebagai informasi tambahan, dalam mengikuti pertandingan dunia ini, Akbar sempat terkendala dalam memperoleh sponsor. Alhamdulillah, saat cuitannya di twitter sempat viral (@mn_aliakbar, https://twitter.com/MN_aliakbar/status/1166585687052902406), Lazismu hadir menawarkan sponsor untuk Akbar guna mengikuti pertandingan tersebut. Alhasil, Akbar berhasil berangkat mengikuti pertandingan tersebut perwakilan Indonesia dan Eropa dengan dukungan penuh dari Lazismu.

Saat ini Akbar sudah kembali di Indonesia, ia mengatakan tanpa dukungan masyarakat Indonesia, dirinya tak mungkin ada di sana. “Lazismu yang mendukung penuh saya begitu perhatian, sehingga saya menjadi lebih mengerti tentang peran lembaga amil zakat nasional ini,” katanya. Terima kasih Lazismu atas dukungannya selama ini, tambah Akbar.  

Sebagai peneliti muda, Akbar, menuturkan, selama ini sangat menekuni bidang ilmu reservoir engineering, petrophysics, rock physics, dan penerapan kecerdasan buatan (artificial intelligent) dalam karakterisasi reservoir. Akbar mengaku sebagai mahasiswa yang telah lulus dari program magister di University of Miskolc, Hongaria.

Ketertarikannya pada bidang industri minyak dan gas bumi membuatnya belajar lebih giat mengenai geologi, geofisika, dan petrofisika, yang misinya  mengumpulkan, menyebarkan, dan menukar pengetahuan teknis mengenai eksplorasi, pengembangan dan produksi sumber daya minyak dan gas bumi dan teknologi terkait untuk keuntungan publik dan untuk memberikan kesempatan bagi para profesional untuk meningkatkan kompetensi teknis dan profesional mereka. (na).