Dua Sapi Kurban dari BPKH, Disalurkan Lazismu ke Bangka Tengah dan Belitung Timur

03/08/2020

Babel – LAZISMU. Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bangka Tengah menggelar program Qurban Untuk Ketahanan Pangan yang bersinergi dengan Lazismu. Program kurban digelar di hari raya Idul Adha 1441 H, pada Ahad, 2 Agustus 2020 di kecamatan Koba.

Dalam kegiatan itu, dilaksanakan enyembelihan sapi kurban dan pembagian beras kepada penerima manfaat. Hadir dalam kegiatan itu yang dikemas dalam rihlah dakwah, Ketua PWM Bangka Belitung, Hasan Rumata beserta pengurus, Ketua PDM Bangka Tengah, Qodri AR, Ketua Lazismu Bangka Tengah, Pahlivi Syahrun, Ketua Pemuda Muhammadiyah dan beserta para pengurus Muhamadiyah Kabupaten Bangka Tengah.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Bangka Belitung, Hasan Rumata, menyampaikan, dalam momentum ini, Muhammadiyah menggelar misi rihlah dakwah untuk memperkuat kader-kader di daerah. “Pada hari ini, misi dakwah sebagai bentuk penguatan kader dalam gerakan dakwah,” paparnya.

Ia menambahkan, di Kabupaten Bangka Tengah bagian dari titik sentral yang mendapat perhatian. Di samping itu, kita punya program-program berkelanjutan, antara lain pengembangan dan perluasan amal usaha, khususnya STKIP Muhammadiyah, yang dalam waktu dekat menjadi Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung.

Dikatakan Hasan, pihaknya juga berencana mendirikan MBS (Muhammadiyah Boarding School) yang melingkupi Bangka Tengah dan Bangka Selatan sebagai bagian dari program strategis. Lanjutnya, kunjungan PWM ke Bangka Tengah dalam rangka memperkuat silaturahim antar pimpinan.



 

Sementara itu, Ketua PDM Bangka Tengah, Qodri. AR, mengungkapkan sebagai tuan rumah kegiatan rihlah dakwah, pada momen bahagia ini dilaksanakan juga pembagian daging sapi kurban dan sembako kepada masyarakat oleh Lazismu Bangka Tengah. Ketua Lazismu Bangka Tengah, Pahlivi Syahrun, menyambung kegiatan itu, mengatakan kebersamaan ini merupakan program penyemangat dengan para kader.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PWM Bangka Belitung dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) yang telah memercayakan Lazismu Bangka Tengah sebagai pelaksana kegiatan kurban,” jelasnya.

Pahlivi mengatakan, Lazismu Bangka Belitung, program ini dilaksanakan selama dua hari, dimulai dari Sabtu sampai dengan Ahad, 1 – 2 Agustus 2020. Titik lokasi penyembelihan hari pertama menyasar daerah Manggar, khususnya Dusun Kelubi 1, Desa Kelubi, Belitung Timur. “Jumlah penerima manfaat di kecamatan Manggar dan Gantung sebanyak 157 KK, dan di hari kedua, titik lokasi penyembelihan di SMP Muhammadiyah Koba, dengan penerima manfaat sebanyak 170 KK,” pungkasnya.

Dalam keterangannya, Pahlivi menjelaskan, dua ekor sapi kurban dari BPKH, yang disalurkan itu jadi disalurkan di dua lokais berbeda, pertama di Bangka Tengah dan Belitung Timur. Adapun dalam pembagian sembako, Lazismu berkolaborasi dengan Muhammadiyah Command Center Covid-19 (MCCC) untuk membantu warga yang terdampak pandemic virus Corona. (na)