• info@lazismu.org


Hadirkan Amil dari Wilayah, Lazismu Gelar Uji Coba Aplikasi SIM Anggaran

18/11/2019

Yogyakarta – LAZISMU.  Dalam manajemen modern, aktivitas dari suatu kegiatan menjadi penting dalam roda organisasi. Kompleksitasnya membutuhkan tata kelola untuk mengatur dan mengontrol dengan baik. Karena itu, data-data sebagai sumber informasi dikelola dengan sistematis dan terorganisir agar proses pengambilan keputusan tepat sasaran. Lazismu sebagai lembaga amil zakat nasional perlu memanfaatkan sistem informasi manajemen (SIM) sehingga pelatihan dan uji coba digelar yang melibatkan kantor layanan Lazismu di tingkat wilayah.

Uji coba dan pelatihan ini bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang fokus pada tata kelola anggaran Lazismu. Kegiatan bertempat di Laboratorium Pusat Komunikasi UMY, pada Sabtu-Minggu, 16-17 November 2019.

Direktur Utama Lazismu Hilman latief dalam pembukaan acara menyampaikan, adanya pelatihan dan uji coba bimbingan teknologi SIM anggaran di tahun 2019 ini dapat melaksanakan audit secara nasional dengan lebih banyak lagi wilayah-wilayah yang dapat ikut andil dalam audit.

“Dengan hasil wajar tanpa pengecualian (WTP) pada 2 audit yang dilakukan sebelumnya di tahun 2018, saya berharap tahunini Lazismu bisa melaksanakan audit dengan banyak melibatkan wilayah, terutama yang di luar pulau Jawa,” katanya.



 
Dalam kesempatan itu, Direktur Keuangan Lazismu, Eny M. Wijayanti, mengatakan bimbingan teknologi ini bertujuan melatih wilayah dalam menyusun anggaran, karena selama ini dalam penyusunan anggaran wilayah tidak tersusun secara rapi sehingga sulit terkontrol dalam penyusunan anggaran.

“Antusiasme wilayah terhadap kesadaran penyusunan anggaran di luar dugaan, awalnya diperkirakan 8 wilayah yang hadir, ternyata sampai 22 wilayah hadir dengan jumlah peserta total 35 amil,” katanya dengan nada gembira.

Semangat apara amil ini diharapkan dapet menular kepada wilayah-wilayah yang belum hadir sehingga dapat hadir pada pertemuan selanjutnya sehingga pengetahuan mereka bertambah. Selain itu, dia menambahkan bahwa SIM Anggaran ini akan digunakan untuk integrasi anggaran pada acara Rakernas Lazismu 2019 di Lombok.

Sebelum Rakernas nanti wilayah akan diminta untuk mengisi SIM Anggaran sesuai anggaran yang telah ditetapkan oleh masing-masing wilayah, dan pada saat Rakernas nanti akan disahkan anggaran Lazismu secara nasional dengan basis data dalam SIM Anggaran yang saat ini di ujicobakan. (ard)