• info@lazismu.org


Hadirkan Sekolah Unggulan Lazismu Parepare Gandeng Smart Indonesia

29/12/2019

Parepare – LAZISMU. Di penghujung 2019, SD Muhammadiyah 4 Kota Parepare melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Smart Indonesia sebagai pihak konsultan yang berperan melakukan pendampingan manajemen dan organisasi untuk mewujudkan SD Muhammadiyah 4 Parepare sebagai sekolah yang unggul. 

Penandatanganan nota kesepahaman itu berlansung pada Sabtu, 28 Desember 2019 yang dirangkai dengan dialog akhir tahun dengan tema "Mewujudkan Sekolah Unggul Muhammadiyah: Dari Mana Memulainya?

Hadir dalam Diskusi, Erna Rasyid Taufan selaku Ketua Lazismu yang juga sebagai dewan penyantun SD muhammadiyah 4 ini, Indra Wijaya selaku Direktur Smart Indonesia. Dialog ini diikuti oleh berbagai stakeholders Muhammadiyah anatara lain, Pemuda Muhammadiyah, IMM, Nasyiatul Aisyiyah, Para Pimpinan Kepala SD Muhammadiyah dan pegiat pendidikan lainnya.

Usai penandatanganan MoU, Erna Rasyid Taufan, menuturkan dalam paparan materinya, Lazismu punya program Save Our School sebagai bentuk perhatian dan dukungan untuk mewujudkan pendidikan yang unggul dan berkualitas.

Salah satu objek dampingan program Lazismu adalah SD muhammadiyah 4, untuk menjadi sekolah yang memiliki ciri khas keunggulan. Jadi Lazismu mendukung sepenuhnya sebagai salah satu program pendayagunaan zakat dan infak pada pilar pendidikan.

Sarana dan prasarana termasuk gaji gurunya dari Lazismu. Oleh Karena itu, lanjut Erna, masyarakat dan semua pemangku pentingan untuk dapat menyukseskan program ini. Salah satunya dengan cara menjadi donatur dan mendaftarkan anak atau cucunya sebagai peserta didik di sekolah ini.




 
“Apalagi Lazismu juga berkolaborasi dengan Smart Indonesia yang punya pengalaman meningkatkan puluhan sekolah menjadi berkualitas dengan reputasi yang baik,” jelasnya.

Indra Wijaya selaku Konsultan Pendidikan Islam khususnya TK dan SD menyampaikan, dengan pengalaman panjang bekerja dan menjadi konsultan seperti SPIDI (Sekolah Pendidikan Islam Darul Istiqamah) Al-Insyirah, SHOID (Showatul Is'ad) dan kini jumlahnya 20-an sekolah yang telah kami dampingi.

“Mewujudkan sekolah unggul harus dimulai dari merubah mind set para guru. Karena guru tidak saja mengajar tetapi juga jadi pembina dan pendamping peserta didik yang menggembirakan,” bebernya.

Bentuk kerjasama Smart Indonesia dengan SD Muhammadiyah 4 Kota parepare meliputi pendampingan, pengembangan menejemen dan organisasi, serta pencapaian visi misi dan melakukan akselerasi keunggulan.

Menurutnya, ada beberapa ciri khas keunggulan, yakni sekolah kreatif dengan pendidikan berbasis penanaman karakter, tahfidz Al-Quran dan penguasaan pada dua bahasa asing yaitu Arab dan Inggris serta bahasa coding sebagai respons atas memasuki era digital.

Sekarang pilihannya hanya dua. Apakah mau sekolah murah dengan kualitas rendah atau sekolah dengan berani berinvestasi dengan garansi kualitas unggul. “Mudah-mudahan di SD Muhammadiyah ini akan diterapkan Full Day School dengan segala program esktrakurikuler yang menggembirakan dan menyenangkan,” papar sarjana psikologi ini. (sf)