• info@lazismu.org


IMM Se-kota Medan Serahkan Bantuan untuk Korban Kabut Asap Melalui Lazismu

01/10/2019

Medan – LAZISMU. Jas dengan warna merah menyala bergerak menyusuri kota Medan. Bendera berkibar menambah gegap gempita aksi yang dilakukan sekelompok mahasiswa dibawah naungan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Sabtu, 28 September 2019, Pimpinan Cabang (PC) IMM Kota Medan, dalam hal ini bidang sosial pemberdayaan masyarakat IMM se-kota Medan melakukan panggalangan dana di Bundaran Lapangan Merdeka dan Simpang Jl. Yos Sudarso.

 

Disertai spanduk dan poster puluhan kader IMM dengan sigap merespons dampak kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Sumatera dan Kalimantan. Tak hanya menggalang dana, IMM di tingkat pusat pun sudah mengeluarkan pernyataan sikap terkait kebakaran hutan dan lahan yang terjadi terus menerus.

 

IMM dengan tegas menyatakan agar pemerintah benar-benar serius menangani karhutla dan menindak tegas siapa-siapa saja yang ikut terlibat dalam kejadian tiap tahunnya ini terkait karhutla di Sumatera dan Kalimantan.

 

Ketua Umum IMM Kota Medan, Angga Fahmi, mengatakan kegiatan ini dilakukan sesuai dengan instruksi Lazismu PP Muhammadiyah untuk merespons dan menggalang dana membantu saudara-saudara kita yang terdampak bencana kabut asap. “Surat edaran itu langsung disambut dan dikoordinir oleh PC IMM Kota Medan untuk melakukan penggalangan dana kemanusiaan,” kata Angga.

 

Keterlibatan kader IMM se-kota Medan, sebagai dukungan atas seruan menjaga keseimbangan serta kelestarian lingkungan dan perubahan iklim. Kesadaran akan pelestarian lingkungan tersebut menjadi salah satu isu penting bagi kalangan muda, khususnya IMM yang juga menjadi rekomendasi hasil muktamar Muhammadiyah di Makassar pada 2015.

 

Dalam kesempatan yang sama, Muhammad Munir selaku Ketua Bidang Sosial Pemberdayaan Masyarakat IMM Kota Medan, mengungkapkan, penggalangan dana dan pernyataan sikap merupakan salah satu tanggung jawab IMM. “Ciri khas IMM dalam gerakan sosial kemasyarakatannya saling peduli dan berbagi terhadap saudara-saudara yang terkena musibah seperti bencana,” pungkasnya.

 

Kegiatan penggalangan dana untuk kemanusiaan ini dilakukan selama 4 hari dari Senin – Kamis, 23-26 September 2019 dengan titik sebaran di pusat kota Medan. IMM di tingkat cabang dan komisariat sangat efektif berkontribusi dengan cara menghimpun dan menyerahkan bantuan dana ini ke Lazismu Kota Medan. “Adapun total penghimpunan dana kemanusiaan ini sebesar Rp. 19.082.100, dan akan disalurkan pada warga yang terdampak kabut asap baik di Sumatera dan Kalimantan, terang Munir. (na)