• info@lazismu.org


Kado Hari Listrik, YBM PLN Berkolaborasi dengan Lazismu Serahkan Gerobak Barokah

29/10/2019

Parepare – LAZISMU. Senyum bahagia terlihat di wajah kelima wanita pedagang kaki lima. Bukan main gembiranya, mereka mendapatkan gerobak jualan dari Yayasan Baitul Maal PT PLN UP3 Parepare yang berkolaborasi dengan Lazismu Parepare.

Penyerahan Gerobak Barokah bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda dan Hari Listrik Nasional, 28 Oktober 2019 di Lapangan Upacara Kantor PT PLN, di Jalan Veteran, Kota Parepare. Usai upacara Hari Listrik Nasional melalui Plh, didampingi Ketua YBM, Mursidik Hasan dan disaksikan segenap karyawan yang menjadi peserta upacara.

 

Plh Kantor UP3 PLN menyampaikan, ini gerobak merupakan persembahan dari PLN dan Lazismu, dalam program pemberdayaan ekonomi, yang diperuntukan bagi mereka yang masih kecil usahanya sebagai wujud kepedulian pengembangan UMKM dengan skema pembiayaan dari dana zakat karyawan PLN.

 

“Setiap bulannya, gaji karyawan PLN dipotong 2.5 % dan hasilnya hari ini kami serahkan kepada 5 orang ibu-ibu yang selama ini menjual dengan cara menyewa gerobak,” pungkasnya. Sekarang mereka tidak lagi menyewa. Melalui Gerobak Barokah ini, buat para ibu penerima program ke depannya dapat memperbaiki kehidupan ekonomi. Diharapkan juga mereka bisa berzakat minimal berinfak, ungkapnya.

 

Ketua YBM PLN UP3 Parepare, Mursidik Hasan mengungkapkan, program hasil kerjasama dengan Lazismu Kota Parepare, dilakukan dengan kegiatan survei dahulu. Calon penerima dinilai secara ketat kelayakannya berdasarkan kriteria. “Kelima ibu-ibu ini layak menjadi penerima,” tandasnya.





 

Ada 2 syarat yang wajid dipenuhi, pertama calon penerima termasuk tidak mampu secara ekonomi. Kedua memiliki kecakapan dan niat yang kuat untuk menjual. Hal itu, dibuktikan telah ada usahanya meski statusnya sewa dan Lazismu akan melakukan pendampingan dan pemberdayaan usaha.

 

Sekretaris Lazismu Parepare, Saiful Amir, mengakui, para penerim manfaat wajib mengikuti pengajian rutin dari Lazismu untuk pembinaan spiritual keagamaan juga pendampingan usaha dan monitoringnya. “Kelak diharapkan mereka juga mengelola usahanya secara baik dan jika punya keuntungan bisa berinfak dan berzakat melalui Lazismu,” tuturnya.

 

Ketua Lazismu Parepare, Erna Rasyid Taufan, mengungkapkan, di tengah kesibukannya dalam melansungkan pernikahan putri pertamanya tetap mengapresiasi program kerjasama ini. Kami ucapkan terima kasih kepada pihak PLN yang telah menggandeng lazismu Parepare dalan pengembangan program UMKM. “Semoga ini membantu pemerintah untuk menyejahterakan rakyat Parepare,” ungkapnya.

 

Kelima penerima manfaat berterima kasih kepada PLN dan Lazismu karena dengan Gerobak Barokah, sudah bisa menjual tanpa harus sewa. “Selama ini saya harus sewa gerobak sebanyak Rp 350 ribu setiap bulan, ada juga yang sewa setiap pekan, kata Syamsiah dengan wajah terharu. (sf)