• info@lazismu.org


Kekeringan Landa Magetan, Truk Tangki Datang Warga Dua Desa Antre Air Bersih

24/09/2019

Magetan – LAZISMU. Kekeringan kian meluas di Jawa Timur yang berimbas pada sulitnya mendapatkan air bersih, juga dialami warga di Kabupaten Magetan. Sebelumnya kabupaten Bojonegoro menjadi perhatian Lazismu di Jawa Timur. Pada kali ini, Kantor Layanan Lazismu Panekan turut berbagi dalam Program Sedekah Air Bersih untuk warga yang terdampak kekeringan di Kecamatan Parang, Magetan, Ahad (22/9/2019).

 

Penyaluran bantuan air bersih ini terlaksana dari buah kerja sama Lazismu dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Magetan. Satu unit truk tangki berisi air bersih dikirim ke Desa Trosono dan Pragak yang sumber airnya sudah mengering. Lazismu juga membagikan air mineral produk Sarangan sebanyak 35 kardus kepada warga.

 

Antusias warga menyambut program sedekah air bersih yang dilakukan Lazismu dan PMI begitu besar. Saat truk tangki datang untuk mengisi tong air yang disiapkan warga, dengan tertib warga antre dengan membawa ember, dan jerigen.

 

Menurut warga bantuan air bersih sangat membantu meringankan usaha warga mencari air. Sumber-sumber air di desa sudah tiak bisa diandalkan lagi. Sejauh ini mereka harus membeli air atau mencari sumber yang masih berair.

 

Warga berharap Lazismu juga dapat bermitra dengan pemerintah setempat membuat sumur. Sumur yang bisa dimanfaatkan jika kemarau datang lagi sehingga peristiwa kekeringan kekeringan tidak terjadi lagi, kata salah seorang warga.

 

Koordinator Program Sedekah Air Bersih, Lazismu Magetan, M. Taufik Hanafiah, menyambut baik usulan dan saran warga. Pada tahun ini Lazismu masih terus melanjutkan program sedekah air sampai akhir September hingga musim hujan tiba.

 

”Lazismu mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan dan donautur yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini,” tutupnya (spr/pwmu)