• info@lazismu.org


Kenalkan Risiko Bencana di Sekolah, PeaceGeneratoin - Lazismu Luncurkan Sekolah Cerdas 2.0 Batch III

02/09/2019

Bandung – LAZISMU. Sekolah CERDAS (Ceria, Damai dan Siaga Bencana) merupakan sebuah program berkelanjutan yang diinisiasi oleh PeaceGeneration, Lazismu Pimpinan Pusat, dan MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Centre) Pimpinan Pusat.

 

Program ini diperkenalkan pada 2017 sebagai solusi terintegrasi yang menyiapkan sekolah dari risiko bencana alam dan bencana sosial. Sekolah CERDAS pertama kali terselenggara di Jawa Tengah. Tahun berikutnya, 2018 hingga 2019, Sekolah CERDAS 2.0 memperluas jangkauannya di beberapa daerah di Indonesia, di antaranya Cianjur, DIY, Surabaya, NTT dan Maluku.

 

Koordinator Acara, Qorry Aina, mengungkapkan, Sekolah CERDAS memasuki periode ketiga dan diproyeksikan terselenggara di wilayah Bandung Raya, mencakup Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi dan Kota Bandung. “Terdapat 17 sekolah penerima manfaat program yang dipilih berdasarkan rekomendasi Dinas Pendidikan di setiap Kabupaten/Kota,” pungkasnya.

 

Pada periode ketiga ini, sambung Aina, akan berlangsung selama kurun waktu 3 bulan terhitung dari September hingga November 2019. Dalam program tersebut, Sekolah CERDAS bekerjasama dengan Lazismu menyelenggarakan kegiatan ‘Launching Sekolah CERDAS 2.0 Batch III”. Kegiatan ini digelar pada Ahad, 1 September 2019 bertempat di Car Free Day (CFD) Dago, Kota Bandung.

 

Beberapa aktivitas yang diikuti oleh pengunjung pada pukul 06.00 - 11.00 WIB, di antaranya bermain boardgame “Bencana”, bermain ular tangga, simulasi gunung meletus, photo booth dan booth informasi, jelas Aina.


 

Dalam kegiatan tersebut, pengunjung juga dapat berkontribusi dengan berdonasi melalui laman Peacegen.id (http://bit.ly/donasisc2). Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat semakin mengenal program-program Sekolah CERDAS yang digagas Irfan Amalee.

 

Lebih lanjut, Manager Program Lazismu, Falhan Nian Akbar, mengatakan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan mitigasi bencana sejak dini. Dalam peluncuran ini Lazismu juga memberikan bantuan berupa 50 paket school kit yang penyerahannya dengan Lazismu Jabar dan SD Muhammadiyah Sukajadi. (na)