• info@lazismu.org


Layanan Kesehatan Gratis untuk Korban Banjir Parepare dari Lazismu

15/01/2020

Parepare – LAZISMU. Lazismu Parepare bersama Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) Indonesia, menggelar pelayanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan kepada warga yang terdampak bencana banjir.

Diketahui, sebelumnya pada 13 Januari 2020, entitas Muhammadiyah di Parepare merespons bencana akibat cuaca dengan intensitas hujan yang hebat di Kota Parepare, One Muhammadiyah One Response (OMOR) yang terdiri dari relawan MDMC, Lazismu, Pemuda Muhammadiyah, IMM, IPM, Nasyatul Aisyiyah dan didukung mahasiswa pencinta alam (MAPALA) Shalawat Universitas Muhammadiyah Parepare, melakukan rapat koordinasi awal untuk bergerak turun ke lokasi terdampak.

Malaui program tanggap darurat ini, Lazismu bersinergi dengan Call Centre 112 Dinas Kesehatan Kota Parepare, yang dilaksanakan di Lontangnge, Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, pada Selasa, 14 Janauri 2020. Hadir dalam acara itu Camat Bacukiki, Saharuddin, dan Kepala Puskesmas Lemoe, dr Sufriani.

Ketua Lazismu Parepare, Erna Rasyid Taufan, mengatakan, agar layanan ini dapat diakses warga terdampak, warga diarahkan datang langsung ke lokasi tanpa harus membekali diri dengan kartu identitas. Tim medis akan segera memberikan pelayanan yang dibutuhkan warga.

Dengan layanan kesehatan gratis ini, warga yang terdampak banjir dipastikan dalam kondisi sehat. “Pemberian obat-obat sesuai kebutuhan diberikan sebagai bentuk kepedulian Lazismu kepada penerima manfaat,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Lazismu Parepare, berupaya melakukan pendampingan dengan program pemulihan psikologis dengan meluncurkan program ‘One House One Al-Qur’an’ sebagai bentuk tanggung jawab spiritual kepada warga terdampak agar mereka dapat melepaskan diri dari rasa trauma.

Jumani salah seorang warga, mengutarakan, dirinya beserta keluarga yang lain mengucapkan terima kasih kepada Lazismu yang telah memberikan layanan kesehatan dan bantuan Al-Qur’an yang berasal dari Tanah Suci Makkah.

Bagi kami di sini merupakan berkah kendati belum pernah ke tanah suci seperti saya, setidaknya saya punya Al-Qur’an yang berasal dari sana, katanya. Lazismu Parepare diinformasikan juga telah menyalurkan bantuan baik logistic, sembako dan makanan siap saji pada para korban bencana banjir. (sf)