Lazismu Banjar Ajak Dermawan Berdonasi Benah Rumah Warga Pingaran Ulu

06/07/2020

Kalsel – LAZISMU. Satu pekan sebelum akhir bulan Juni, Lazismu Kabupaten Banjar mengabarkan akan melaksanakan program benah rumah. Informasi itu disampaikan Nashir selaku Staf Program Lazismu Banjar, pada 6 Juli 2020. Di bulan Juni itu, dilaksanakan survei atau penilaian awal oleh badan pelaksana ke lokasi calon penerima manfaat di Desa Pingaran Ulu, Kecamatan Astambul.

Benah Rumah sendiri merupakan turunan dari program bedah rumah Lazismu Pusat yang merupakan bahagian dari program sosial kemanusiaan. Manajer Lazismu Banjar, Ginanjar Sutrisno,  menjelaskan alasan akan dilaksanakannya progam benah rumah. “Kami melaksanakan program ini setelah melakukan penjajakan sebagai awal penilaian untuk ditindaklanjuti, dan kelengkapan informasi didapatkan melalui dinas sosial Kabupaten Banjar,” paparnya.

Ginanjar menambahkan, setelah beberapa waktu lalu melakukan survei Lazismu Banjar memutuskan untuk membantu. Lazismu membantu dalam bentuk program benah rumah, keputusan itu berdasarkan fakta dengan melihat kondisi keluarga Ibu Rusniah memang sangat perlu mendapat uluran tangan.

Rusniah salah seorang penerima manfaat, merupakan warga Pingaran Ulu, Kecamatan Astambul. Dia menurut Ginanjar, mengajukan permohonan kepada kantor dinas sosial setempat pada 2019 untuk dibantu dalam hal pembedahan rumah mengingat rumah yang dihuni saat ini bisa dikatakan tidak layak.

Rusniah ketika ditemui Lazismu, mengakui perihal informasi itu, dia lalu mengucapkan terima kasih atas kedatangan Lazismu dan berharap bisa dibantu. “Saya bersyukur dan terima kasih atas kedatangan Lazismu Banjar, saya berharap nantinya bisa dibantu,” ucapnya.

Rusniah sendiri kondisi kesehatannya memprihatinkan. Beberapa tahun terakhir tidak bisa melihat dengan sempurna karena ada gangguan kesehatan pada mata. Selain itu, Rusniah tinggal bersama empat anaknya. Kondisi lantai rumahnya tidak rata lagi karena tiangnya tak kuat menahan. Dinding rumah yang bolong ditutup dengan spanduk dan terpal plastik. 




 

Jangan tanya jika hujan turun, alirannya merembes ke rumah membasahi sebagian besar rumah yang tidak begitu luas, sementara atap rumah terbuat dari daun rumbia, di tambah lagi dengan terpal yang setiap tahunnya harus diganti.

Lazismu berharap para dermawan bisa ikut membantu beliau dengan mendukung program ini melalui donasi. “Kami berharap para dermawan di manapun berada bisa berdonasi dan mewujudkan hunian yang layak untuk Rusniah,” kata Ginanjar.

Berdasarkan agenda, menurut keterangan Nashir, program bantuan ini akan berlangsung dalam dua tahap. “Tahap pertama periode Agustus – September, yang diprioritaskan adalah pembuatan sumur, kamar mandi, dan benah dapur. Selanjutnya ditahap kedua, periode Oktober - Desember, akan dilakukan pembenahan dinding, atap dan lantai,” jelasnya.

Program ini secara resmi diluncurkan sejak Lazismu Banjar mengagendakan dimulainya bantuan tahap awal melalui penghimpunan dana. Lazismu Banjar membuka donasi dengan cara mengirimkan donasi terbaiknya #mulaidaridari20ribu melalui Bank Syariah Mandiri pada rekening 74444 20205, informasi selengkapnya dapat mengunjungi laman resmi dialamat: https://lazismubanjar.org/benah-rumah-rusniah (mdn)