Lazismu Banyumas Serahkan Bantuan Kesehatan untuk Penderita Keloid

24/07/2020

Banyumas – LAZISMU. Apa jadinya jika salah satu bagian tubuh kita terdapat permukaan kulit yang tidak wajar. Tumbuh daging di kulit misalnya, yang sebelumnya tidak pernah ada. Seperti yang dialami Yahdi, siswa SMK Muhammadiyah 1 Ajibarang, jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Ajibarang, kabupaten Banyumas.

Bagi pelajar yang masih aktif ini, tumbuhnya daging di bagian tubuhnya terasa mengganggu. Kesehatan Yahdi sebagai seorang pelajar mendapat kendala terutama saat bergaul dan belajar di sekolah. Di sekolah Yahdi harus berinteraksi dengan teman-teman sebayanya.

Ujian kesehatan yang menimpa Yahdi, dengan tumbuhnya daging atau Keloid sudah lama diderita. Putra dari Bapak Ridwan ini, sejak dari sekolah dasar ada Keloid yang tumbuh di kepalanya. Seingatnya, kata Bapak Ridwan, kemunculan keloid itu setelah sembuh dari penyakit cacar.  

Menurut keterangan Direktur Lazismu Banyumas, Yahdi sudah pernah menjalani operasi sebanyak dua kali, namun ternyata keloid di kepalanya masih tumbuh kembali. Kira-kira Yahdi dioperasi saat duduk di kelas 3 sekolah menengah pertama. “Ia kadang merasa tidak percaya diri ketika sekolah karena penyakitnya itu,” ujarnya.

Keloid yang tumbuh di kepala Yahdi, merupakan penyakit yang tidak ditanggung oleh BPJS.  Melihat kondisi keluarga Bapak Ridwan yang tidak memiliki biaya untuk melakukan operasi untuk anaknya, Lazismu Banyumas tergerak untuk membantu siswa SMK jurusan TKJ ini.

Lazismu langsung mendatangi rumahnya yang berada di Desa Panembangan, Cilongok Banyumas (23/7/2020). Penyerahan bantuan dari Lazismu sebesar Rp 4 juta, diserahkan kepada Bapak Ridwan agar anaknya dapat segera mendapatkan tindakan medis.

Yahdi mengaku untuk makan saja, tidak berani memakan makanan yang mengandung penyedap rasa. Dia merasa setelah makan makanan yang mengandung penyedap rasa, keloid yang ada di kepalanya seperti semakin membesar. “Dulu setelah operasi, karena tidak menjaga pola makan keloid itu seperti makin membesar” ceritanya.

Yahdi mengucapkan terima kasih kepada donatur dan Lazismu yang telah memberikan perhatian atas penyakit yang dideritanya. Ia berharap penyakitnya bisa segera sembuh, dan berdoa jika kelak dioperasi berjalan lancar. (jnd)