• info@lazismu.org


Lazismu dan Wardah Gelar Pelatihan Ecoprint Berbasis Pemberdayaan Perempuan

30/09/2019

Banjarnegara - LAZISMU. Masyarakat desa Merden, Purwanegara Jawa Tengah mengikuti Pelatihan Produksi Ecoprint pada Sabtu (28/9/2019)9.

Pelatihan yang diselenggarakan atas kerjasama Wardah, Lazismu dan Pupung Pursita dari Rumah Olah Tangan ini akan dilaksanakan selama dua hari.

Perwakilan Lazismu Banjarnegara, Tristiyanto menyambut baik diadakannya pelatihan ini. Ia mengatakan kegiatan ini diharapkan kedepannya dapat memberikan keterampilan baru bagi masyarakat dan dapat membantu perkembangan ekonomi keluarga.

"Bila ini terus dikembangkan, bisa menjadi sebuah usaha bernilai ekonomi tinggi hingga mampu menjadi muzakki'' tambahnya.







 

Sebanyak 20 peserta mengikuti pelatihan pada hari pertama. Mereka antusias menyimak dan mencatat materi yang disampaikan oleh Pupung Pursita. Setelah pemaparan materi, peserta langsung mempraktikan setiap tahapan mulai dari mordan (penghilangan zat kimia pada kain) hingga fiksasi.

Sutriyah (23) salah satu warga yang mengikuti pelatihan ini mengaku mendapatkan banyak manfaat dengan diadakannya pelatihan ini. "Jadi nambah wawasan, yang tadinya tidak tahu kalau daun bisa dimanfaatkan seperti ini, sekarang jadi tahu, seru juga karena bisa langsung praktik dan bisa menambah teman'' ujarnya. [Puji].