• info@lazismu.org


MDMC Dirikan Pos Layanan Korban Gempa di SMA Muhammadiyah Kelapa Dua Seram Bagian Barat

01/10/2019

Seram – LAZISMU. Gempa berkekuatan 6.8 SR yang mengguncang Ambon, pada 26 September 2019, berdampak pada kerusakan rumah warga dan lebih dari 25 ribu warga mengungsi. Salah satu daerah terdampak dari gempa Ambon adalah Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB). Lebih dari 10.000 jiwa di kabupaten Seram masih mengungsi.

 

Sebagian warga trauma terhadap gempa yang sampai saat ini masih mengguncang kepulauan Maluku. Berdasarkan pantauan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Indonesia di Pulau Seram Bagian Barat, warga mengalami takut karena adanya isu tsunami. Sementara itu, pengungsian di beberapa titik di dataran tinggi SBB.

 

Doni Halim Mutiasa, Tim Asistensi MDMC Indonesia, melaporkan (1/10/2019), di antara sebaran titik pengungsi, SMA Muhamadiyah Dusun Kelapa Dua, desa Kairatu, SBB menjadi salah satu titik Pos Pelayanan MDMC di provinsi Maluku. Di pos pelayanan MDMC Kelapa Dua, total pengungsi sekitar 379 KK atau kurang lebihnya 1.500 jiwa.

 

“Warga mendirikan tenda di sekitar SMA Muhammadiyah Kelapa Dua, denga fasilitas seadanya,” kata Doni. Sanitasi belum tertata dengan baik, kebutuhan air bersih belum mencukupi dan warga mulai terserang beberapa jenis penyakit, sambungnya. 




 

MDMC maluku didampingi tim media dari Rumah Sakit (RS) PKU Gombong, Jawa Tengah, dan Tim Relawan dari Kudus melakukan pendampingan pengungsi dengan program layanan kesehatan, logistik, penataan shelter, dan dukungan psikososial. Doni merinci, relawan dari Kudus yang diterjunkan sebanyak 4 orang, tim kesehatan dari RS PKU Gombong sebanyak 3 orang (1 dokter, 2 perawat) dan relawan lokal SBB.  

 

Dari lokasi Doni mengabarkan, MDMC Indonesia masih dalam tahap berkoordinasi dengan pihak-pihak pemangku kepentingan di SBB. Di sana ada posko induk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Seram. Sejauh ini MDMC Indonesia belum melakukan assessment, masih tahap koordinasi.

 

Pos Layanan MDMC Indonesia di Dusun Kelapa Dua, langsung di bawah koordinasi Bapak Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Kelapa Dua. Sampai saat ini, PDM SBB turut turun bersama dan mendukung penuh keberadaan pos layanan. PDM sendiri hampir setiap hari mendampingi kegiatan di pos layanan tersebut, tutup Doni. (na)