• info@lazismu.org


Minta Dukungan Lazismu, PD IPM Ngawi Galang Dana untuk Warga Terdampak Karhutla

01/10/2019

Ngawi – LAZISMU. Peristiwa kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan meluasnya asap tebal di Sumatera dan Kalimantan menyita perhatian banyak pihak untuk merespons bagi warga yang terdampak kesehatannya. Termasuk respons yang dilakukan adik-adik Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) di Ngawi, Jawa timur.

 

Para pelajar Muhammadiyah di Ngawi bergerak menggalang dana untuk membantu para korban kabut asap. Ikhtiar penggalangan dana dilakukan setelah berkoordinasi dengan Lazismu setempat sebagai lembaga resmi yang menerima dan menyalurkan dana sumbangan dari masyarakat.

 

Niat itu berawal dari pesan daring Ketua Umum Pimpinan Daerah (PD) IPM, yang meminta saran ke Wakil Ketua Pengurus Lazismu Ngawi, Supeno. Adik-adik IPM berencana mengadakan gerakan sosial menggalang dana kemanusiaan merespons peristiwa Karhutla dan krisis air di beberapa desa di Ngawi.

 

Mendengar permohonan dan saran dari adik-adik, lalu dengan nada meyakinkan, saya katakan "Sungguh itu ide yang menarik, perbuatan baik dan mulia," kata Supeno. Maka, IPM sebagai generasi muda yang peduli harus mengambil peran itu sebagai gerakan dakwah yang bermisi kemanusiaan.

 

Melewati proses administrasi dan pemberitahuan kepada Lazismu dan pihak-pihak terkait, penggalangan donasi sosial terlaksana selama 7 kali di perempatan Kartonyono dengan melibatkan 15 orang relawan dari IPM.

 

Pagi hari ini Ahad 29 September 2019, ketua PD-IPM Ngawi, Miftahkhuddin beserta 5 orang mendatangi Pengurus Lazismu untuk menyerahkan hasil penghimpunan donasi yang melibatkan para relawan.

 

Miftahkhuddin bersama rombongan menyerahkan uang sejumlah Rp. 11.701.000 yang secara resmi telah diserahkan ke Lazismu Ngawi untuk disalurkan kepada yang berhak menerima.

 

 “Adi-adik sudah menjalankan amanah dari para donatur dan saya atas nama Lazismu akan menjalankan amanah ini sesuai dengan niat yang sudah diikrarkan” kata Supeno, Wakil Ketua Pengurus Lazismu Ngawi. (na)