• info@lazismu.org

OMOR Respons Kebakaran Alalak Selatan, MDMC Kerahkan Relawan Komplit

16/09/2019

Kalsel - LAZISMU. Kebakaran yang terjadi di Kelurahan Alalak Selatan, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin mengakibatkan 64 rumah hangus terbakar dan 80 KK atau 231 jiwa harus kehilangan tempat tinggal.

 

Muhammadiyah Kalimantan Selatan melalui Lembaga Penanggulangan Bencana atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kalimantan Selatan, segera bergerak melakukan tanggap darurat untuk menentukan jenis bantuan yang akan diberikan.

 

Sementara itu penggalangan dana dilakukan oleh relawan Muhammadiyah dan disalurkan melalui Lazismu Kota Banjarmasin dengan dibantu oleh Kantor Layanan Lazismu Al- Ummah. Mengusung konsep OMOR atau One Muhammadiyah One Response, MDMC Kalimantan Selatan dengan didukung oleh berbagai elemen seperti Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Selatan, Pimpinan Wilayah Nasyiatul Aisyiyah Kalimantan Selatan, Kwarwil Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Kalimantan Selatan, dan Korp Serba Guna Tapak Suci Wilayah Kalimantan Selatan.

 

Di samping itu, bantuan relawan juga dating dari Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kalimantan Selatan, Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kalimantan Selatan, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kota Banjarmasin, Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kota Banjarmasin, Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kota Banjarmasin, Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kota Banjarmasin, Lazismu Kota Banjarmasin, Kantor Layanan Lazismu Al Ummah, Forum Komunikasi Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Kota Banjarmasin, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, serta Rumah Sakit Islam Banjarmasin melakukan kegiatan layanan kesehatan dan psikososial dengan membuka Pos Layanan Kesehatan serta Pos Pelayanan Psikososial di lokasi terdampak kebakaran sejak tanggal 15 September 2019.

 

Meldy Muzada Elfa selaku Wakil Ketua MDMC Kalimantan Selatan menyampaikan rasa duka cita yang mendalam terkait musibah kebakaran di Kelurahan Alalak Selatan, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin ini.

 

Hal inilah yang mendasari pihaknya sebagai sesama muslim merasa terpanggil untuk memberikan bantuan.

 

"Bantuan yang kami berikan pun kepada korban musibah kebakaran di sini tidak hanya berupa barang, tetapi juga bantuan sesuai dengan yang diperlukan oleh warga korban kebakaran disini. Terpenting adalah dukungan dalam bentuk bantuan atau pisikomatif kepada psikososial terhadap korban kebakaran khususnya anak-anak agar tak trauma," jelasnya.

 

Sampai berita ini diturunkan, sebanyak 25 orang warga terdampak musibah kebakaran antusias menerima layanan kesehatan serta psikososial pada hari pertama dibukanya Pos Pelayanan Kesehatan yang diberikan oleh relawan kesehatan Muhammadiyah dari Rumah Sakit Islam Banjarmasin bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Banjarmasin serta Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Komisariat Universitas Lambung Mangkurat yang terdiri dari 2 orang dokter, 2 orang perawat, 1 tenaga rekam medis, dan 4 orang tenaga psikososial.

 

"Jumlah relawan yang kami terjunkan di musibah kebakaran ini sebanyak 50 orang. Dan, posko ini tidak hanya untuk tiga hari saja, tapi tidak menutup kemungkinan jika ada lagi bantuan dari warga Muhammadiyah maka bisa saja sampai satu minggu," terang Meldy melalui rilisnya yang diterima tim media Lazismu (15/9/2019).

 

Meldy juga berharap dengan adanya bantuan ini dapat memberikan dorongan moril kepada warga. "Kami juga nantinya akan mempersiapkan ustadz guna memberikan pendampingan spiritual kepada korban kebakaran," tambahnya.

 

Tak hanya menggelar Pos Pelayanan Kesehatan, MDMC Kalimantan Selatan juga menyalurkan bantuan logistik berupa sembako sebanyak 85 paket yang terdiri dari mie goreng instan, beras, pasta gigi, sabun mandi, gula, dan minyak goreng.

 

Bantuan logistik ini dihimpun dari warga Muhammadiyah dan juga dari Forum Komunikasi Panti Asuhan Muhammadiyah/Aisyiyah Kota Banjarmasin. Kebutuhan mendesak warga berdasarkan kaji cepat dari relawan Muhammadiyah Kalimantan Selatan adalah berupa tenda/hunian keluarga, pelayanan kesehatan, makanan siap saji, makanan balita dan anak-anak, perlengkapan sekolah, pembalut wanita, tandon air bersih, fasilitas MCK, dan kompor.

 

Dalam beberapa hari ke depan MDMC Kalimantan akan terus menggelar Pos Pelayanan Kesehatan dan Pos Pelayanan Psikososial, serta mendistribusikan bantuan makanan cepat saji. Penggalangan bantuan baik berupa uang maupun dalam bentuk barang masih terus dilakukan. Bantuan uang dapat disalurkan melalui Lazismu Kota Banjarmasin rekening Bank Syariah Mega 1000014800 atau BNI Syariah 30080 30093 atas nama Lazismu Banjarmasin (menyertakan kode unik "100", misal Rp. 1.000.100,-), sementara bantuan berupa barang dapat disalurkan ke Kantor Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Selatan, JL. S Parman, Komplek Rumah Sakit Islam Banjarmasin, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

 

Info selanjutnya dapat enghubingi Ketua MDMC Kalimantan Selatan

Ginanjar Sutrisno S.Pd dan Nara hubung Ketua Poskorwil Penanganan Darurat Bencana M. Ridho Muzada Elfa (0853 451 004 67)