• info@lazismu.org


Pentingnya Screening Kesehatan, Lazismu - YSKI Sosialisasikan Bahaya Kanker dan Layanan Kesehatan Gratis

14/11/2019

Belitung – LAZISMU. Upaya menyeleksi orang-orang yang tampak sehat dan tidak terdampak penyakit merupakan tindakan untuk mendeteksi penyakit tertentu pada seseorang yang tanpa gejala. Hasilnya untuk memisahkan mereka yang sehat terhadap mereka yang mengalami kondisi tubuh yang tidak sehat. Jika dianggap positif, langkah selanjutnya diproses melalui diagnosa untuk segera mendapat pengobatan.

Penjaringan kesehatan ini (screening) salah satu bentuk pelayanan kesehatan yang dilakukan Lazismu pada Ahad, 10 November 2019, di Pantai Tanjungpendam. Bersama tiga tim medis yang dilengkapi mobil ambulans layanan umat, Lazismu menyelenggarakan kegiatan penjaringan kesehatan dengan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

Ketua Lazismu Belitung, M. Nadhirin, mengatakan, kegiatan ini diadakan dua pekan sekali di tempat yang sama di pantai kebanggaan orang Belitung ini. “Warga di sini sangat antusias, mereka antre mengerumuni tim medis untuk mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan,” katanya.

Ibu Maria salah seorang warga mengatakan, dengan diadakannya kegiatan ini, sangat membantu saya mengetahui kondisi kesehatan saya. “Selain dekat dengan tempat tinggal di Kelurahan Tanjungpendam, yang paling utama layanan kesehatan Lazismu diberikan secara gratis,” pungkansya.

Maria mengaku, selama ini mengeluhkan tensi darah yang tinggi dan kolesterol. Tim medis, lanjutnya, menyarankan saya untuk memeriksakan kesehatan saya ke Puskesmas terdekat untuk penanganan lebih lanjut.




 
Tak hanya layanan kesehatan gratis, Lazismu Belitung pada Selasa, 12 November 2019, menyalurkan zakat untuk 35 orang penerima manfaat. Penyerahan bertempat di kantor Lazismu Kabupaten Belitung. Sebagai kegiatan rutin bulanan berupa penyaluran dana zakat untuk 35 mustahik yang pra sejahtera, kali kegiatan penyaluran dana zakat menjadi satu dengan kegiatan sosialisasi kesehatan dari Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia (YSKI).

Dalam kegiatan ini, Lazismu bekerjasama dengan YSKI untuk menyampaikan penyuluhan mengenai penyakit kanker. Selain memperkenalkan dan edukasi mengenai penyakit kanker, tujuan digelarnya layanan kesehatan tersebut untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang kanker sebagai penyakit tidak menular yang ditandai dengan adanya gejala yang tidak bisa diprediksi sebelumnya dalam tubuh penderita. (lb)