• info@lazismu.org


Peringati Hari Pahlawan, Lazismu Sebarkan Semangat Berbagi Lewat Program Filantropis Cilik

11/11/2019

Parepare – LAZISMU. Peringatan hari pahlawan yang jatuh pada 10 November 2019, diperingati dengan berbagai cara. Sebagian besar dengan upacara seremonial untuk mengenang jasa para pahlawan. Di kesempatan berbeda, ada yang memeringatinya dengan cara lain seperti program Filantropis Cilik.

Adalah Lazismu Kota Parepare, yang memeringati hari pahlawan dengan program tersebut. Dikemas dengan penyerahan School Kits kepada anak-anak dari keluarga tidak mampu. Mereka siswa SD se-kota Parepare yang berasal dari keluarga tidak mampu. Di sekolah masing-masing juga ikut program Filantropis Cilik.

 

Ada 24 peserta yang mendapatkan School Kit berupa sepatu dan tas. Menurut Sekretaris Lazismu Parepare, data siswa duafa diperoleh dari pihak sekolah yang diseleksi dengan skala prioritas sesuai kebutuhan siswa. Dalam laporan pembukaan di hari pahlawan itu, Lazismu sebelumnya telah bersinergi dengan sekolah-sekolah yang ada di Kota Parepare, kata Syaiful di Monumen Korban 40.000 Jiwa, Jalan Masjid Raya Parepare (10/11/2019).

 

Ketua Lazismu Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan, pada kesempatan itu mengatakan, dengan mengisi kemerdekaan melalui gerakan filantropis cilik, setidaknya Lazismu memberikan edukasi kepada anak-anak tentang kedermawanan. “Sejak dini dengan cara menginfakkan uang receh mungkin sisa jajan sekali sepekan setiap Jum’at, tidak terasa banyaknya, tapi jika dihimpun secara masif dan maksimal recehan ini bisa milyaran terkumpul, katanya disaksikan Asisten III  Pemerintah Kota Parepare, Haryanto Hadiyatmodjo, Kapolsek Pelabuhan Parepare dan puluhan guru serta orang tua siswa.

 

Dalam sambutan itu, dia menambahkan, ini cara Lazismu Parepare memeringati hari Pahlawan, kepada pelajar. Di lain waktu, program unggulan ini jika berjalan maksimal, akan lebih banyak lagi siswa yang akan merasakan manfaatanya. “Untuk itu, saya mendorong para kepala sekolah dan guru menyambut dan menyukseskan program Filantropis Cilik,” jelasnya.




 

Manfaat dari program tersebut luar biasa. Minimal mendidik anak-anak lebih dermawan sesuai slogan program Filantropis Cilik, yakni “Memberi kepada sesama tidak harus menunggu kaya, mengubah yang kecil menjadi besar, mengubah recehan menjadi milyaran,” Manfaat besarnya akan terwujud bila kita semua bergandeng tangan, pungkas isteri walikota Parepare ini.

 

Belajar dari semangat pahlawan, patriotisme dan nasionalisme serta kecintaan kepada bangsa, Lazismu ingin mengambil hikmahnya bahwa semangat dan heroisme para pendahulu dalam mengisi kemerdekaan dilakukan dengan pengorbanan. “Nah, spirit inilah yang perlu dikontekstualisasikan dalam gerakan zakat,” katanya.  

 

Sementara itu, Asisten III Pemerintah Kota Parepare, Haryanto Hadiyatmodjo, mengungkapkan, pemerintah Kota Parepare mengapresiasi kinerja Lazismu yang terus menerus berkarya secara inovatif terbukti hari ini melakukan peringatan hari Pahlawan dengan memberikan School Kit kepada siswa tak mampu. “Ini bukti Lazismu sebagai lembaga amil zaka yang mendapatkan kepercayaan publik karena program dan transparansinya,” paparnya dengan rasa salut. (sf)