Persiapan Audit Laporan Keuangan, Lazismu se-Jatim Gelar Workshop

13/07/2020

Malang – LAZISMU. Sebagai wujud komitmen Lazismu, dalam melaksanakan prinsip akuntabilitas dan kredibilitas lembaga kepada publik dan umat Islam di Indonesia, setiap tahun di wilayah Jawa Timur, dilakukan kegiatan audit atas laporan keuangan. Audit tahun ini dilakukan atas laporan keuangan 2019 pada kantor Lazismu se-Indonesia, baik kantor perwakilan wilayah, kantor perwakilan wilayah pembantu daerah dan kantor layanan.

Kantor Lazismu se- Jawa Timur yang akan diaudit sebanyak 28 kantor layanan di daerah dan kantor layanan tingkat wilayah. Laporan Keuangan 2019 tersebut akan diaudit dan diperiksa oleh Tim Auditor dari Kantor Akuntan Publik (KAP) dari Jakarta.

Sebagai persiapan audit dan penguatan penerapan sistem keuangan, maka dilaksanakan Workshop Audit Laporan Keuangan yang terbagi dalam dua wilayah. Pertama, untuk Lazismu se-Jatim bagian Timur, seperti Surabaya, Sidoarjo, Jombang, Pamekasan, Kota Pasuruan, Kab. Blitar, Kota/kab. Probolinggo, Banyuwangi, Kota/Kab. Mojokerto, Jember, Lumajang, Kota/kab. Malang dan Batu diadakan pada Sabtu, 11 Juli 2020 di gedung B.A.U. Kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Telogo Mas, Kabupaten Malang.

Pembukaan Workshop dihadiri oleh Prof. DR. Thohir Luth, MA selaku Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur yang juga sebagai Dewan Syariah Lazismu Jatim, drh. Zainul Muslimin, Ketua Lazismu Jatim, dan beberapa pengurus Lazismu Jatim serta peserta workshop.

Dalam sambutannya, Prof. Thohir Luth menyambut baik upaya Lazismu untuk terus menjaga kepercayaan dan amanah dari muzaki dan donatur. Menurutnya, kepercayaan (trust) merupakan bagian terpenting dari kiprah untuk meningkatkan persyarikatan menjadi organisasi yang modern, berkemajuan dan kredibel. “Para amil Lazismu harus terus menjaga dengan penuh kehati-hatian dana dari ummat untuk meningkatkan taraf kehidupan umat,” harapnya.

Hal senada disampaikan, drh. Zainul Muslimin, selaku Ketua Lazismu Wilayah Jatim. Menurutnya upaya ini adalah bentuk nyata para amil untuk memantaskan diri sebagai pemegang amanah dana zakat yang dapat dipercaya dan kredibel. Karena itu, laporan keuangan yang teraudit oleh KAP pada seluruh kantor layanan Lazismu di Indonesia adalah merupakan bukti bahwa Lazismu memang layak menjadi lembaga amil zakat terpercaya di mata publik, katanya.

Untuk kantor layanan Lazismu di daerah lainnya seperti Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Ngawi, Nganjuk, Gresik, Tuban, Lamongan, Bojonegoro dan Tulungagung, diadakan pada hari berikutnya, Ahad, 12 Juli 2020 di gedung Graha Sedamu, Kabupaten Magetan. Bertindak selaku instruktur dan pemandu workshop dilakukan oleh Eny M. Wijayanti selaku Badan Pengurus (BP) Lazismu Pusat dan Moh. Syaifuddin Ali Sahidu, selaku Badan Pengurus Lazismu perwakilan wilayah Jatim.

Menurut Ali Sahidu, anggota BP Lazismu perwakilan wilayah Jatim yang membidangi keuangan dan pembukuan, diharapkan dengan workshop ini semua kantor Lazismu daerah memiliki kesiapan dalam menghadapi audit atas Laporan Keuangan 2019, baik format laporan keuangan yang standar maupun kerapian dalam mengarsip berkas-berkas bukti transaksi.

Dengan audit yang akan dilaksanakan pada akhir Juli 2020 ini, Ali Sahidu kembali berharap predikat dan opini Wajar Tanpa Pengecualin (WTP) atas Laporan Keuangan 2019 dari KAP kembali diraih oleh Lazismu se-Jawa Timur. Dengan demikian Lazismu se-Jawa Timur semakin kredibel, terpercaya dan dapat meningkatkan pelayanan kepada umat, katanya. (Ad)