• info@lazismu.org


PP Muhammadiyah Resmikan Masjid Al-Anwar Wakaf dari Muwakif kepada Lazismu

23/12/2019

Jakarta – LAZISMU. Setelah proses pembangunan selesai, Masjid Al-Anwar yang terletak Jl. Tanjung Lengkong No. 4 RT. 15 RW. 7, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara – Jakarta Timur, pada Ahad, 22 Desember 2019, resmi dinyatakan berdiri untuk dipergunakan sebagaimana mestinya bagi warga setempat dan sekitarnya.

Peresmian Masjid Al-Anwar ditandai dengan penandatangan prasasti dan gunting pita yang dilakukan oleh Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Goodwill Zubair, disaksikan oleh Anwar Supriyadi selaku muwakif, Ketua Badan Pengurus Lazismu Hilman Latief, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta, Abu Bakar, PDM, dan tamu undangan beserta warga sekitar.

 

Ketua PP Muhammadiyah, Goodwill Zubair, dalam sambutannya mengatakan, Bapak Anwar Supriyadi selaku muwakif telah meluruskan niatnya. Semoga apa yang telah dilakukannya mendapat pahala. 

 

“Mewakili PP Muhammadiyah, kami berpesan agar masjid ini untuk segera dimakmurkan dengan kegiatan ibadah dan kegiatan dakwah yang bermanfaat bagi para jamaah,” katanya.

 

Masjid ini bagus sekali, kata Goodwill. Dari luar saja saya sudah dapat merasakan kesejukannya. Kepada warga mari kita jaga dan makmurkan masjid ini. Apa yang disampaikan Al-Qur’an tentang salat dan masjid pada peresmian ini dalam maknanya dipahami sebagai perintah beribadah dan bertakwa untuk membedakan mana orang-orang yang mendirikan salat dan bukan.

 

Senada dengan hal itu, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DKI Jakarta, Abu Bakar, mengatakan, masjid selain tempat ibadah juga sebagai tempat melakukan kegiatan dakwah. Karena itu, adalah tugas kita bersama sebagai umat Islam untuk memakmurkan masjid ini.

 

Dalam kesempatan itu, Hilman Latief, mengatakan dalam memakmurkan masjid ada aspek pembinaan.  Di sini ada masjid dan sekolah Muhammadiyah. Maka perlu sentuhan yang unik dan berbeda agar pembinaannya lebih bagus.

 

“Dalam imajinasi saya, dalam kompleks masjid ini ada lembaga pendidikan, harapannya sekolah ini bukan menjadi sekolah yang biasa-biasa saja tapi menjadi sekolah yang unik dan bermanfaat untuk warga sekitar,“ paparnya.





 

Melihat lingkungan yang unik di sini saya yakin jika ada sentuhan lain akan berdampak lebih luas lagi. Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Anwar Supriyadi, panitia, PWM, PDM, dan semua pihak yang telah menyukseskan pembangunan masjid ini dari awal sampai sekarang berdiri.

 

Anwar Supriyadi selaku muwakif turut mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pembagunan masjid ini. Terutama kepada Lazismu yang telah memberikan kesempatan pada saya untuk berwakaf. Atas ridho Allah SWT niat ini telah saya wujudkan. Di luar itu saya tidak punya kekuatan karena ada kekuatan yang maha hebat di luar diri manusia.

 

Hal ini juga sejalan dengan pengalaman saya yang pernah tinggal di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Tanpa lingkungan di tempat saya tinggal tentu saya tidak akan menjadi seperti ini sekarang, termasuk ibu saya selaku orang tua. "Saya“ucapkan terima kasih kepada lingkungan yang pernah saya tempati selama ini,” jelasnya.

 

Keluarga juga sangat mendukung atas niat saya ini. Mudah-mudahan apa yang saya lakukan dapat bermanfaat bagi orang lain. Saya mohon doa juga agar anak-anak saya dapat melakukan kebaikan yang sama.

 

Setelah peresmian, secara langsung juga dikukuhkan pengurus masjid Al-Anwar, pengurus lengkap ini nanti yang akan melakukan tata kelola masjid untuk menghidupkan dan memakmurkan masjid. (na)