• info@lazismu.org


Respons Bencana Kebakaran Manggarai, Lazismu Gelar Rangkaian Kegiatan Kemanusiaan

22/07/2019

Manggarai – LAZISMU. Selalu memberi dan peduli terhadap sesama adalah budaya yang harus selalu diterapkan. Kemarin, Lazismu Kantor Layanan (KL) Manggarai menggelar kegiatan kemanusiaan yaitu bakti sosial, bekam dan pengobatan gratis, serta pembagian sembako di lokasi kebakaran, jalan Swadarya 1, RT 09, RW 08, Manggarai Selatan, Minggu (21/7/2019).

Lazismu KL Manggarai bekerjasama dengan Lazismu KL Rumah Sakit Islam Jakarta (RSIJ) Cempaka Putih, Kokam dan Pemuda Pasar Rumput, MDMC Tebet, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Jaksel, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Jaksel, Aisyiyah Bukit Duri dan Pasar Rumput, serta TV Muhammadiyah.

Kegiatan terselenggara dalam rangka bantuan kemanusiaan korban kebakaran di Manggarai Selatan pada Rabu, (10/7/2019). Tempat yang terdampak ada 4 RT dengan jumlah lebih kurang 600 warga.

Donasi terkumpul lebih kurang senilai Rp. 37.500.000. Dana yang terkumpul diwujudkan dalam bentuk barang-barang, seperti alat rumah tangga, baju-baju, sajadah, beras, obat obatan, air mineral, dan makanan.

Dalam kegiatan itu, terdapat 3 stan. Stan pertama untuk pengobatan gratis, stan kedua untuk bekam gratis, dan stan ketiga untuk sortir barang dan kemudian untuk dibagikan ke warga.

Lambang Saribuana, Ketua Lazismu KL Manggarai mengajak seluruh kader Muhammadiyah khususnya di Jakarta Selatan untuk lebih aktif membantu saudara saudara kita yang kesusahan dan tertimpa musibah.

Menurutnya, organisasi Muhammadiyah adalah gerakan berbagi. “Semangat kita adalah semangat Al Ma'un. Yang menyatukan kita adalah gerakan untuk membantu sesama,” ungkap Lambang. 

“Pengobatan gratis kita bekerja sama dengan RSIJ Cempaka Putih. Kami meyakini bahwa paska bencana akan banyak warga yang sakit karena mereka tinggal di barak-barak pengungsian.  Kekuarang pasokan makanan, dan menurunnya kualitas kesehatan.  Terlebih lagi anak anak, dan warga lanjut usia,” tambahnya.

Pihaknya meyakini ada warga yang mengeluh sakit non medis. “Oleh sebab itu, kami mencoba memberikan layanan bekam gratis kepada warga terdampak,” terangnya.

“Alhamdulillah gerakan kami mendapat dukungan dari banyak pihak. Donatur, muzaki, lembaga dan ortom lain di persyarikatan,” kata Lambang.

Dalam kesempatan itu, Enni, Kader Aisyiyah di lokasi terdampak mengucapkan banyak terimakasih.  Aisyiyah merasa lebih bangga ber-Muhammadiyah. Karena disaat ada bencana, maka kader merasa terpanggil dan terdepan. “Karena sampai hari sabtu kemarin, tidak ada satupun lembaga sosial yang membantu penanganan medis. Satu satunya yang hadir adalah Muhammadiyah, lewat RSIJ,” kata Enni.

Seperti dilansir pada laman Okezone.com (22/7), Kebakaran melanda rumah tinggal di Jalan Lebak Swadaya 1 (Kampung Bali Matraman), RT 12 RW 07, Kelurahan Manggarai Selatan, Kecamatan Tebet, Jaksel. Lokasi kebakaran tepatnya berada di dekat Stasiun Manggarai.

Peristiwa itu dilaporkan terjadi sekira pukul 10.55 WIB, Rabu 10 Juli 2019. Objek kebakaran diketahui berupa rumah tinggal. (bp)