• info@lazismu.org


Rumah Masum Dilalap Api, Lazismu – BAZNAS Kolaborasi Bangun Rumah dan Isi Perabotan

20/09/2019

Banyumas – LAZISMU. Kebakaran yang menimpa Rumah Bapak Masum, Desa Sawangan Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas menghanguskan seluruh rumah dan isinya. Si jago merah melalap rumahnya yang berada di puncak bukit Desa Sawangan. Peristiwa terjadi pukul 10.00 WIB ketika Bapak Masum dan istrinya sedang bekerja di sawah. (Rabu, 4/9/2019).

 

Mendengar berita rumahnya hangus terbakar, ia dan istrinya segera pulang. Sesampai di depan rumah, Bapak Masum sedih dan pasrah. Rumah yang selama ini tempat berkumpul bersama keluarganya sudah menjadi debu dan arang. Beberapa warga berusaha memadamkan api, namun karena keterbatasan air dan tenaga, api tidak dapat dipadamkan sehingga kian membesar.

 

Ia menduga sumber api berasal dari kompor dapur rumahnya. Tetangga sudah melaporkan kejadian ini ke pihak RT. Kabar ini juga sampai ke telinga amil Lazismu. Berawal dari laporan pemerintahan desa, Lazismu Banyumas dengan cepat merepon dengan memberi bantuan berupa perabotan rumah.

 

Direktur Lazismu Banyumas, Sabar Waluyo bersama Manager Program Lazismu, Habib Amrillah berkunjung, rumah Bapak Masum sudah dalam keadaan rata dengan tanah. Puing-puing kayu yang hangus terbakar berserakan. Kunjungan itu untuk bersilaturahim kepada Bapak Masum. Informasi kerugian yang diderita Bapak Masum akan menjadi dasar melangkah Lazismu untuk memberikan bantuan.


 

Amrillah mengatakan, Lazismu Banyumas memberikan perabotan rumah berupa kursi, meja, tempat tidur, kasur, almari, kompor dan peralatan dapur lainnya. “Program bantuan bersinergi dan berkordinasi dengan BAZNAS Banyumas yang telah membantu membangun kembali hunian Bapak Masum,” pungkasnya.

 

Lokasi rumah yang berada di puncak bukit menjadi tantangan tim Lazismu saat mengirimkan bantuan perabotan rumah. Jalan terjal dan menanjak menjadi ujian saat itu. Melihat bantuan tiba, Ketua RT mengapresiasi peran Lazismu yang telah membantu salah satu warganya. Lazismu juga memberikan daging rendang yang dikemas dalam bentuk RendangMu kepada keluarga Bapak Masum, untuk memenuhi kebutuhan pangannya.

 

Kini, Bapak Masum dan keluarganya dapat kembali tersenyum bahagia. Mengingat anaknya yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), Lazismu juga akan memeberikan bantuan untuk keperluan sekolah anaknya. Dengan adanya bantuan dari BAZNAS dan Lazismu Banyumas, Bapak Masum diharapkan dapat kembali ke rumah setelah rumahnya kembali berdiri. (mt)