Siasat Lazismu Batang Dirikan Rumah Mustahik Dalam Dua Hari

23/07/2020

Batang – LAZISMU. Kebetulan Kamis, siang hari tadi (23/7/2020), amil Lazismu Batang bertandang ke rumah baru Ibu Danumi. Rumah yang dindingnya didominasi warna jingga menyala dengan kusen pintu dan jendela berwarna putih. Dulu sebelum rumah baru ini berdiri, di sekelilingnya terdapat kayu dan bambu berdiri menopang struktur rumah yang nyaris roboh.

Di rumah mungil itu, ibu Danumi sedang menyiapkan makanan untuk ibu kandungnya. Perempuan paruh baya yang kondisi kesehatannya masih jauh dari sehat. Di sela-sela itu, amil Lazismu membuka perbincangan ringan. 

Menanyakan kabar dan memastikan bahwa kondisi ibu Danumi sekeluarga setelah menempati rumah barunya. Katanya, Ia seperti sedang bermimpi. Tak menyangka rumahnya berubah total. Semua sangat berkesan, tak mampu diungkapkan dengan kata-kata. Bahkan ibu kandungnya tidak berkenan masuk ke rumah baru itu. 

“Beliau merasa itu bukan rumahnya tapi rumah orang lain dan rumah saya itu jelek,” kata Muntoro menirukan perkataan Ibu Danumi. Setelah dibujuk dengan sabar, akhirnya ibu kandungnya bersedia untuk tinggal di rumah tersebut. 

Disampaikan oleh Manager Lazismu Batang, Muntoro Abdurahman, Ibu Danumi begitu bahagia. Ia senang sekali, tidak gelisah dan risau rumahnya mau ambruk dan bocor jika hujan turun. Muntoro menyeritakan bahwa 10 Juli yang lalu, rumah ibu Danumi dibedah Lazismu. Kurang lebih ibu Danumi baru 13 hari merasakan tidur di rumah baru bersama keluarganya. 

Dikisahkan oleh Muntoro, Ibu Danumi merupakan janda beranak dua, tinggal bersama ibu kandungnya yang sudah lanjut usia. Desa Bakalan, Kecamatan Kandeman, Batang, adalah alamat tinggal ibu Danumi, tepatnya di RT 02 / RW 01. Kondisinya sangat memprihatinkan dengan rumah yang nyaris roboh berlantai tanah. 

Sekretaris Desa Bakalan, Abu Chaeri yang berkomunikasi dengan Lazismu banyak memberikan informasi tentang keaadan janda beranak dua ini. Sebelum ada program bedah rumah ini, Lazismu Batang telah melakukan penilaian untuk memastikan bahwa Ibu Danumi datanya bisa dipertimbangkan sebagai asnaf yang akan menerima manfaat program bedah rumah. 



 

Siasat Dua hari

Soal pembangunan rumah ibu Danumi Lazismu telah mempertimbangkan bagaimana rencana pembangunan dapat berlangsung cepat tanpa memerlukan waktu yang lama. Apalagi wabah Covid-19 masih menggurita seperti tak yakin akan melakukan program ini. 

Berdasarkan pertimbangan matang, Lazismu Batang juga berkoordinasi dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Batang. Akhirnya diperoleh informasi bahwa perlu siasat jitu untuk membangun rumah itu dalam waktu relatif singkat.    

Caranya Lazismu harus berkolaborasi dengan kompenen lain seperti MDMC dengan kekuatan relawannya. Tiba waktunya, berdasarkan infromasi dari amil Lazismu Batang, bedah rumah dilakukan oleh tim rehabilitasi dan rekonstruksi (Tim RR) dari MDMC Batang. Mereka memperkirakan bedah rumah akan selesai dalam waktu dua hari, setelah itu dilakukan serah terima. 

Proses berlanjut, bahan material bangunan disediakan. Dukungan dari donatur dan warga adalah bekal bagaimana misi ini harus berhasil dituntaskan. Agenda pastinya, kegiatan pembedahan rumah ini terlaksana dalam dua hari satu malam terhitung dari 10 – 11 Juli 2020. 

Pasca-pembangunan, Lazismu melaksankan penyerahan melalui program Bedah Rumah. Simbolis penyerahan (12/7/2020), dilakukan oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Batang, yang didampingi oleh Direktur Lazismu Batang, dan disaksikan Sekretaris Desa Bakalan, Ketua RT setempat, KOKAM serta jajaran pegiat Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).

Nasikhin selaku perwakilan dari PDM Batang, dalam sambutannya menyampaikan, meskipun Lazismu milik Muhammadiyah namun manfaatnya untuk semua umat dengan slogan utamanya Memberi Untuk Negeri. Ia berharap rumah itu menjadi keberkahan untuk semua sehingga penghuninya merasa tentram dan meningkat kualitas ibadahnya.

Abu Chaeri, Sekretaris Desa Bakalan, mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak terutama Lazismu yang sudah membantu warga kami. “Kami mewakili aparatur pemerintahan Desa Batang mengucapkan terima kasih atas bantuan Rumah Lazismu kepada ibu Danumi, Semoga bantuan ini dapat bermanfaat bagi ibu Danumi,” ungkapnya.

Muntoro Abdurahman, Manager Lazismu Batang, menuturkan, syukur alhamdulillah, bedah rumah ini terlaksana dalam dalam waktu yang sangat cepat. “Selama dua hari dikerjakan dengan khidmat bersinergi dengan Tim RR MDMC Batang. Lazismu bersyukur bisa mengumpulkan donasi khusus untuk bedah rumah dari para dermawa. Terimakasih pada hari ini kami sampaikan dan terima kasih juga kepada warga atas kerja samanya,” terangnya.

Apresiasi yangg luar biasa dan ucapan terima kasih PDM Batang disampaikan kepada para relawan, Lazismu, Tim RR, MDMC, KOKAM dan Pemuda Muhammadiyah Batang yang telah turut berpartisipasi menyukseskan pembangunan rumah duafa, sehingga prosesnya sampai penyerahannya berjalan lancar dan baik  (fam)