Bantu Nenek Sebatang Kara, Lazismu RS Roemani Bedah Rumah

08/09/2020

SEMARANG – Kantor layanan Lazismu Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang bekerjasama dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Semarang dan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Ngaliyan melakukan bedah rumah keluarga muslimah, salah satu warga jalan Karonsih Timur Raya V/283 RT 08 RW 05 Kelurahan Ngaliyan Semarang, Ahad (30/8).

Memberi bantuan berupa perbaikan dan renovasi rumah merupakan salah satu program unggulan Lazismu untuk membantu warga masyarakat yang kurang mampu agar mereka bisa memperoleh tempat tinggal yang layak huni. Program bedah rumah tersebut telah direalisasikan oleh beberapa Kantor Layanan (KL) lazismu di Jawa Tengah, salah satunya kantor layanan lazismu rumah sakit Roemani Muhammadiyah.

Untuk kedua kalinya kantor layanan Lazismu Rumah Sakit (RS) Roemani Muhammadiyah melakukan renovasi rumah, kali ini dilakukan di rumah milik keluarga Ibu Muslimah warga ngaliyan semarang.

Dari hasil laporan ketua RT setempat yang melaporkan kepada Lazismu kantor Layanan RS Roemani, Tim Lazismu kemudian langsung mendatangi lokasi rumah Muslimah dan memberikan bantuan berupa renovasi rumah. Proses renovasi rumah disaksikan oleh beberapa perangkat desa dan warga setempat.

Di usianya yang ke 65 tahun ini, Muslimah hidup sebatang kara di rumah yang ia tempati saat ini. Sehari-hari wanita paruh baya ini menyambung hidup dengan berjualan gorengan keliling. Rumah yang ditempati sangat memprihatinkan dan sudah tidak layak huni karena ada beberapa bagian tembok telah rapuh dan bisa saja membahayakan dirinya.

“Setiap hari saya berjualan gorengan keliling untuk menyambung hidup, sudah lama saya ingin memperbaiki rumah tapi saya belum punya uang. Alhamdulillah, sekarang rumah saya diperbaiki sama Lazismu Roemani, terimakasih Lazismu Roemani”, ujar muslimah sambil terbata-bata karena terharu.

Program bedah rumah tersebut sangat diapresiasi oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Semarang, Fachrurrozi. ” Program bedah rumah Lazismu ini sebagai salah satu bentuk kepedulian Muhammadiyah kepada masyarakat, saya sangat mengapresiasi  KL Lazismu RS Roemani yang telah melaksanakan salah satu programnya yaitu bedah rumah di wilayah ngaliyan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua KL Lazismu RS Roemani, Syaifulloh menyampaikan bahwa renovasi bedah rumah ini ditargetkan akan selesai dalam waktu 2 minggu. “Proses bedah rumah ini sepenuhnya dibiayai oleh RS Roemani yang diambilkan dari dana zakat karyawan RS Roemani yang dihimpun oleh KL Lazismu RS Roemani. InsyaAllah dalam waktu dua minggu ini, renovasi rumah bisa selesai dan bisa ditempati lagi oleh ibu Muslimah dengan nyaman,” jelas Syaifulloh.