• +6221- 31 50 400
  • info@lazismu.org

Ganjar Pranowo: Zakat untuk Solusi Problem Sosial

05/03/2019

Semarang – LAZISMU. Permasalahan yang sulit sekalipun, menjadi mudah diselesaikan dengan zakat. Demikian diucapkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dalam pidatonya pada acara peletakan batu pertama pembangunan Gedung Fakultas Tehnik dan FMIPA Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Rabu (24/01/18).

Persyarikatan Muhammadiyah dengan kegiatan dakwahnya, berkonsentrasi menangani bidang pendidikan sebagai bagian amal usahanya. Unimus adalah salah satunya, yang diharapkan menjadi perguruan tinggi ternama di Semarang.

Harapan tersebut diwujudkan dalam rencana pembangunan gedung baru setinggi 9 lantai, di lokasi kampus Kedungmundu, Tembalang Semarang.

Ada tiga gedung yang dipersiapkan proses pembangunannya, yang akan dipergunakan untuk ruang kuliah, perpustakaan, aula juga laboratorium.

Peletakan batu pertama ini dimaksudkan sebagai penanda awal dimulainya proses pembangunan. Acara tersebut dihadiri juga oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi, Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, PWM Jateng Tafsir, PDM, PCM, Pimpinan AUM, ortom dan segenap warga juga simpatisan.

Dalam kesempatan tersebut Ganjar menyampaikan, masih banyak permasalahan sosial di masyarakat yang sulit diselesaikan oleh pemerintah seperti rumah yang tidak layak huni, yang jumlahnya masih ada 1.000.600 (satu juta enam ratus) se-Jawa Tengah. Juga masih adanya orang yang tidak mampu membayar biaya perawatan di rumah sakit. Permasalahan seperti ini bisa diselesaikan dengan dana zakat, kata Ganjar.

Ganjar juga mengingatkan kepada jumat Islam untuk meningkatkan kesadaran membayar zakat melalui lembaga yang resmi. Dia berharap dana zakat ini di kelola dengan baik, agar bermanfaat untuk membantu pemerintah mengentaskan permasalahan bangsa.

Dalam kesempatan ini Ganjar juga memberikan apresiasi kepada Lazismu yang telah meresmikan Kantor Layanan zakat, infak dan sedekah di lingkungan kampus Unimus Kedungmundu. (cs)