Indonesia Terang

Lazismu Banyumas Sukses Gelar Rapat Kerja dan Pelatihan Aplikasi Ziska

Donasi Sekarang

Lazismu Banyumas Sukses Gelar Rapat Kerja dan Pelatihan Aplikasi Ziska

03/05/2019

Purwokerto – LAZISMU. Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Banyumas menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) bersama seluruh Kantor Layanan Lazismu se-Kabupaten Banyumas. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula AK Anshori Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan mengusung tema ”Peningkatan pelayanan ZISKA satu atap menuju Lazismu Banyumas Berkemajuan”. Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan pelatihan aplikasi pelayanan ZISKA secara online. (17/3/2018)

Sebagai upaya meningkatkan pemahaman bersama tentang konsep ZISKA secara satu atap dan kemudahan pelayanan, Lazismu menyelenggarakan rapat kerja daerah. Rapat itu dihadiri oleh 130 amil dari kantor layanan yang meliputi cabang, ranting, dan amal usaha muhammadiyah di Kabupaten Banyumas. Dalam kegiatan tersebut disampaikan materi tentang konsep ZISKA satu atap oleh Dr. H. Ibnu Hasan, M.Si, Fikih Amilin oleh Drs. H. Sujiman, MA, Regulasi dan Program Kerja oleh Sabar Waluyo, SE, serta pelatihan pelayanan ZISKA secara online oleh Ardian Webi Kirda, S.Kom.

Dalam pembukaan rapat kerja, Fany Ariska selaku ketua panitia menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh amil Lazismu di Banyumas yang semangat sehingga menjadi modal awal bagi Lazismu menuju amil profesional di Indonesia.

Materi pertama disampaikan oleh ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Banyumas mengenai konsep ZISKA. Ibnu Hasan menyampaikan pentingnya layanan satu atap ini agar dana di Muhammadiyah tidak bercecer sehingga potensi umat dapat terlihat. ”Lazismu sebagai urat nadi persyarikatan harus mengelola dana itu secara satu atap dan Masjid sebagai basis dari gerakannya ” ujar Ibnu Hasan. Layanan ZISKA satu atap melalui gerakan jamaah dakwah jamaah adalah konsep yang tengah dijalankan serius oleh PDM Banyumas sebelum musyawarah daerah 2020 yang bersinergi dengan Lazismu Banyumas.

Materi kedua disampaikan oleh Ketua Badan Pengurus Lazismu Banyumas tentang Fikih Amilin. Sujiman menjelaskan secara menyeluruh mengenai Fikih Amil yang meliputi pengertian, syarat, bagian, tugas, dan paradigma amil. Ia menyampaikan bahwa seorang amil harus cerdas dan berkompeten dalam menghimpun dan mendayagunakan dana ZIS.

Materi ketiga disampaikan oleh Direktur Lazismu Banyumas, Sabar Waluyo yang membahas tentang regulasi dan program kerja. Menurutnya Lazismu harus menjadi lembaga zakat yang tertib administrasi serta mampu melaporkan sebagai wujud akuntabilitasnnya. Semua itu dapat dicapai dengan tertibnya admisnistarsi serta legalitas resmi kantor layanan Lazismu di Banyumas.

Materi terakhir adalah pelatihan aplikasi software pelayanan ZISKA yang disampaikan oleh Ardian Webi Kirda. Pelatihan tersebut dilaksankan di ruang cerdas Gedung Fakultas Teknik UMP yang dibagi menjadi dua sesi. Dalam pelatihan tersebut diajarkan oleh Ardian selaku ahli Infprmation and Technology Lazismu Banyumas mengenai pelanyanan penghimpunan ZISKA secara online. Semua kantor layanan yang sudah membuka rekening untuk layanan satu atap sangat mudah menggunkan aplikasi ini yang telah terhubung melalui web lazismubanyumas.org. Tujuan pelatihan ini sebagai kemudahan dalam menghimpun dan melaporkan dana ZISKA bagi kantor layanan.

Semua peserta mengikuti jalannya rapat kerja dengan penuh antusias sampai dengan selesai. Semoga dengan suksesnya rapat kerja ini menjadi kepahaman bersama layanan satu atap oleh seluruh kantor layanan sebagai upaya menuju Lazismu Banyumas yang profesional, akuntabel, dan canggih. (hb)