• +6221- 31 50 400
  • info@lazismu.org

Lazismu Gandeng Ash-Shofiyyah Salurkan Donasi Wadaslintang

05/03/2019

Wonosobo – LAZISMU. Lazismu bersama Majelis Ash-Shofiyyah salurkan donasi untuk korban bencana longsor dan banjir bandang di Kecamatan Wadaslintang. Penggalangan donasi didasarkan kepada hasil assessment oleh tim MDMC (Muhammadiyah Disaster Management Center) bersama elemen masyarakat di lapangan.
Empat desa yang mengalami bencana yaitu desa Besuki, kelurahan Wadaslintang, desa Panerusan, dan desa Lancar.
Manager Lazismu Tabah S. Pambudi menjelaskan, lembaganya berupaya menggandeng seluruh stake holder termasuk Majelis Tafsir Ash-Shofiyyah untuk berperan serta penggalangan donasi korban bencana di kecamatan Wadaslintang.
Penerimaan donasi baik secara manual ke kantor Lazismu, transfer via bank bahkan hingga jemput donasi dilakukan untuk memaksimalkan penghimpunan.
“Ajakan donasi kita share ke individu dan lembaga dan di berbagai media online. Ash-Shofiyyah responnya cepat,” imbuhnya.
Tabah menambahkan, penyaluran donasi akan dilakukan melalui satu pintu koordinator relawan MDMC dan masyarakat di desa Besuki. Hal tersebut agar pendistribusian donasi ke korban bencana lebih tertata dan merata sesuai kondisi masing-masing korban.
“Kalau didistribusikan langsung ke korban nanti malah ada yang double dan bisa-bisa tidak sesuai kebutuhan si korban,” tegas Tabah, saat ditemui di posko utama desa Besuki kecamatan Wadaslintang, Rabu (1/11/2017).
Senada dengan Lazismu, koordinator Bank Baju Majelis Tafsir Ash-Shofiyyah, Saryati Mundir menjelaskan bahwa majelisnya berupaya turut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial termasuk tanggap bencana.
Kegiatan sosial menurutnya menjadi penting sebagai salah satu wujud penerapan nyata dari kajian-kajian yang dijalankannya.
“Kami akan terus bersinergi dengan Lazismu untuk kegiatan-kegiatan sosial dan keagamaan,” kata Mundir.
Ketua Majelis Ash-Shofiyyah Hj. Afsah Hardjono menambahkan, Majelis Tafsir Ash-shofiyyah adalah majelis ilmu yang seluruh jamaahnya adalah muslimah yang berasal dari berbagai kalangan. Latar belakang mereka dari berbagai ormas tanpa membeda-bedakan.
“Profesinya juga beragam, ada pedagang, karyawan, dan PNS. Bu Fairus dan Bu Anni Subagyo, istri Bupati dan Wakil Bupati juga jamaah kita,” imbuhnya.
Pada kesempatan tersebut, Lazismu bersama Ash-Shofiyyah menyalurkan donasi berupa baju pantas pakai, sembako, dan makanan ringan.
Bantuan diserahkan kepada posko tim relawan MDMC dan masyarakat setempat di desa Besuki kecamatan Wadaslintang. (Rilis)