• +6221- 31 50 400
  • info@lazismu.org

Mbah Samsudin Kini Mudah Mendapatkan Air

05/03/2019

Wonosobo – LAZISMU. Wonosobo Air Bersih adalah program yang digiatkan Lazismu Wonosobo. Sebuah program pengadaan instalasi air bersih PDAM, sanitasi tangki septik, serta renovasi kamar mandi yang ditujukan bagi keluarga tidak mampu.

Mbah Samsudin yang bertempat tinggal di Kleyang Bawah, Desa Pungangan, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo merupakan salah satu penerima manfaat program pengadaan air bersih tersebut.

Tinggal bersama menantu dan seorang cucu, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, Mbah Samsudin hanya mengandalkan uang pensiunan almarhum suaminya yang pernah bertugas di Dinas Pengairan.

“Untuk mendapatkan air bersih, Mbah Samsudin dan keluarganya harus mengambil dari mata air yang cukup jauh dari kampung tempat tinggal mereka,” cerita Manajer Lazismu Wonosobo, Tabah S Pambudi (6/11/2017).

Lanjutnya, saluran air gratis milik masyarakat yang diambil dari mata air sebenarnya telah sampai ke rumah mereka. Karena tidak adanya pengawasan, saluran air tersebut sampai sekarang tidak bisa mengalir sampai ke rumah Mbah Samsudin lagi.

Serah terima program Wonosobo Air Bersih dilaksanakan di rumah Mbah Samsudin yang dihadiri oleh tetangga serta pemuda setempat.

“Instalasi air bersih PDAM di rumah Mbah Samsudin telah dilaksanakan. Setelah ini akan kita usahakan untuk direalisasikan di keluarga tidak mampu yang lain,” tegas Tabah.

Program Wonosobo Air Bersih di Desa Pungangan, Mojotengah ini merupakan kerjasama Lazismu Wonosobo dengan Baitul Maal BMT Marhamah serta donasi dari masyarakat.

Tabah menambahkan, program Wonosobo Air Bersih adalah bagian dari ikhtiar dalam memberikan pelayanan terhadap keluarga tidak mampu. Menurut Tabah, air bersih merupakan kebutuhan pokok bagi siapapun.

“Ke depannya, Lazismu Wonosobo akan bekerjasama dengan masyarakat dan lembaga lain agar program tersebut dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi keluarga yang tidak mampu,” pungkasnya. (nd)