• info@lazismu.org

Resmi Beroperasi, Target Penghimpunan Zakat di Salatiga Rp 1,5 Miliar

05/03/2019

Salatiga – LAZISMU. Peresmian operasional Lazismu Kota Salatiga, di laksanakan pada Ahad, 11 Maret 2018 bertepatan dengan pengajian yang di selenggarakan oleh PDM setempat. Acara berlangsung di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jl. Arjuna Salatiga. Lazismu Kota Salatiga secara resmi telah menerima surat keputusan dari Lazismu Jawa Tengah yang diserahkan langsung oleh Ketuanya, Dodok Sartono, kepada Marijo selaku Ketua Lazismu Kota Salatiga.

Dengan di terimanya SK tersebut, Lazismu Kota Salatiga secara legal dapat melakukan penghimpunan dana zakat, infak, sedekah dan dana keagamaan lainnya (ZISKA) dari masyarakat, untuk dikelola dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat.

Jumlah muzaki yang ditargetkan Lazismu Kota Salatiga adalah 1000 orang dan target tasharuf kepada 1500 orang penerima manfaat (mustahik). Dari jumlah 1000 muzaki itu diproyeksikan terkumpul dana ZISKA sebesar Rp. 1,5 milyar di tahun 2018.

Rencana target itu, menurut Marijo, bisa dicapai melalui program fundraising. Meski bukan tugas ringan, tantangan yang diberikan perlu segera ditunaikan, paparnya setelah menerima surat keputusan kepengurusan periode 2018-2020 dari Ketua PD Muhammadiyah Kota Salatiga, Imam Sutomo.

Ada banyak program Lazismu, di antaranya di bidang pendidikan, lewat program ini sebagai salah satu cara untuk memotong rantai kemiskinan, terutama kemiskinan di Kota Salatiga, tuturnya.

Selanjutnya di bidang kewirausahaan, Lazismu mendorong masyarakat mendirikan UKM serta usaha mandiri yang dapat menghidupkan roda ekonomi masyarakat. Keberadaannya menjadi media komunikasi umat dalam menunaikan ZISKA. Marijo menegaskan komitmennya untuk berusaha mengembangkan Lazismu.

Sementara itu, Dodok Sartono selaku Ketua Lazismu Jawa Tengah, memberikan dukungannya kepada Lazismu yang baru terbentuk ini. Fokus menjalankan program-program Lazismu pusat dan wilayah yang diturunkan ke daerah adalah bagian dari amanah yang perlu disampaikan.

Berkomitmen penuh dalam mengemban amanah di bidang zakat, menurut Dodok bagian dari solusi untuk masyarakat yang ingin bergerak dalam bidang pemberdayaan umat. Untuk itu, Lazismu merupakan lembaga amil zakat yang tepat bagi masyarakat Kota Salatiga dalam menunaikan zakatnya melalui Lazismu. (cs)