Indonesia Siaga

Siapa Membongkar Rumah Sugi ?

Donasi Sekarang

Siapa Membongkar Rumah Sugi ?

03/05/2019

Semarang – LAZISMU. Siapapun orang yang melewati Jalan Ngemplak menuju Tandang melewati pos kamling RT 01 pasti akan kaget melihat rumah Sugi yang sudah dibongkar. Rumah itu tinggal menyisakan tembok dan rangkanya, bahkan terasnya sudah bersih tinggal menyisakan puing-puing saja. Ada kabar burung yang beredar rumah Sugi mau dibangun oleh salah satu parpol, juga ada yang bilang mau dibangun oleh tetangganya .
Sugi adalah seorang warga di Kelurahan Ngemplak RT 1 RW IX Kecamatan Tembalang yang sudah terdaftar pada program Bedah Rumah Lazismu Kota Semarang. Pada hari Ahad (04/03/18) Lazismu bekerjasama dengan warga setempat melaksanakan kerjabakti membongkar rumah Sugi di bawah komando Ustad Danusiri, warga setempat yang juga salah satu dari 13 orang Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Semarang.
Tidak kurang dari 10 orang warga dan 2 orang saudara Sugi berkumpul hari itu. Mereka bergotong royong membongkar rumah. Saat membongkar genteng ada yang memanjat di atap mengambil genteng, ada yang mengoper, ada yang menerima di bawah, ada yang menata. Sementara kaum ibu menyiapkan makan dan minum. Suasana kebersamaan diselingi candaan menyertai pembongkaran rumahnya.
Pada Selasa kemarin pembangunan sudah dilaksanakan, mulai dari membongkar tanah untuk menanam slope, memasang besi, membuat bekisting dan pengecoran. Sampai sore hari sudah ada 6 tiang yang telah dilakukan pengecoran. Masing-masing dengan ketinggian setengah dari rencana awalnya.
Menurut kepala proyek pembangunan, Munawar rencana renovasi rumah Sugi meliputi pekerjaan memperkuat dinding dengan memasang 10 tiang cor beton yang terhubung membentuk ring, sesuai bentuk rumah aslinya. Sedangkan konstruksi atap menggunakan baja ringan ditutup dengan asbes sebagai pengganti gentengnya. Dengan konstruksi tersebut diperkirakan memerlukan dana sebesar Rp 15 juta.
Lazismu merencanakan membantu 1000 rumah dhuafa yang tidak layak huni, untuk di bangun menjadi rumah sehat. Rencana 1000 rumah tersebut untuk seluruh wilayah Jawa Tengah. Lazismu memberi kesempatan para donatur melaksanakan zakat, infak maupun sedekah guna mendukung program ini.  Untuk donasi bisa dikirim melalui BTN Syariah rekening 714205 6970 untuk zakat, rekening 714205 6983 untuk infak & sedekah .
Bisa juga menggunakan Bank Mandiri Syariah rekening 777 888 7181 untuk zakat, 777 888 1785 untuk infak & sedekah, konfirmasi melalui SMS/WA 0856 4087 3531. (cs)