• info@lazismu.org



Bencana Kekeringan Gucialit telah "Terbasahi" oleh Bantuan Air Bersih dari Donatur

14/09/2019

Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) bersama Asian Moslem Charity Foundation (AMCF) berkesempatan mendistribusikan air bersih ke beberapa kawasan desa yang dilanda kekeringan air di Kabupaten Lumajang (20/08/19).

Menurut Kuswantoro, Amil Lazismu Kabupaten Lumajang, kali ini dusun Sido Makmur dan desa Dadapan di kecamatan Gucialit yang terdampak kekeringan menjadi sasaran pendistribusian air bersih. Tim Lazismu datang dengan sebuah truk tanki berisi 5.000 liter air bersih.

Warga desa semenjak pagi hari sudah menunggu kedatangan truk tanki berisi air bersih di pelataran dusun. Puluhan warga yang kebanyakan adalah ibu-ibu dengan sabar mengantre guna mendapatkan seember dua ember air bersih.

Guna mempercepat pendistribusian, oleh kepala dusun air bersih dialirkan dari truk tanki menuju ke bak penampungan yang telah disediakan. Selanjutnya warga pun mengambil air dari penampungan guna memenuhi ember yang dibawanya dari rumah.

Lazismu Kabupaten Lumajang dalam sepekan ini gencar menghimpun donasi dari masyarakat guna memberikan bantuan air bersih bagi warga yang kekurangan, terutama di kawasan desa krisis air dan lokasinya terpencil di pelosok kabupaten. Penghimpunan donasi untuk air bersih ini terus dilakukan oleh Lazismu pada musim kemarau sepanjang tahun ini.

“Semoga kami bisa terus memberikan bantuan kepada warga yang tinggal di desa-desa yang terlanda kekeringan. Ini juga dalam upaya membantu pemerintah setempat guna memenuhi kebutuhan warga akan air bersih. Alhamdulillah, berkat dukungan dari para donatur dan masyarakat luas kami bisa mengirimkan air bersih bagi warga di beberapa kawasan,” tambah Kuswantoro.

Selain itu Lazismu juga akan menyasar ke Kecamatan Klakah dan Kedung Jajang. “Kita akan kirim lima truk tanki ke lima dusun dan tiga desa di kedua Kecamatan itu. Juga kecamatan lainnya secara bergantian” pungkas Kuswantoro. (adit)