• +6221- 31 50 400
  • info@lazismu.org

Dilanda Kekeringan, Lazismu kirim Tandon Air ke Desa Karang Patihan

05/03/2019

Ponorogo-LAZISMU. Masih tergambar dalam ingatan, beberapa bulan lalu, Amil Lazismu survei di salah satu daerah di Kabuptaen  Ponorogo, tepatnya di Kecamatan Pulung yang menurut laporan mengalami bencana kekeringan.


Hingga saat Lazismu datang ke Desa Karang Patihan, dampak kekerigan jelas adanya. Aktifitas MCK dan bercocok tanam masyarkat terhambat. Sepanjang jalan menuju daerah di kecamatan itu pohon-pohon jati daunnya meranggas, sungai mengering, pematang sawah kosong tanpa air sedikit pun.


Untuk memenuhi kebutuhan air minum dan masak saja harus merelakan untuk merogoh kocek membeli air mineral isi ulang. Kemudian di sepanjang jalan pula terlihat beberapa tandon di pinggir jalan yang sudah kosong tak berisi air.


Meski BPBD memberikan pasokan air, bisa dipastikan dalam hitungan jam air pun sudah ludes pindah ke ruang-ruang jerigen yang dibawa antre warga. Dari hasil wawancara Lazismu dengan salah satu warga di sana (11/09/2017), air yang diambil dalam jerigen ini akan habis dalam waktu 3 hari saja.


Menurut salah satu anggota relawan BPBD yang informasinya berhasil kami himpun (12/09/2017), khususnya untuk Desa Karang Patihan, yang menjadi masalah di sana, sebenarmya terletak pada minimnya tandon air yang dimiliki masyarakat.


BPBD telah siap mengirimkan air bersih secara rutin. Namun masyrakat harus punya tandonnya sehingga air yang kami bawa bisa disalurkan secara penuh, kata Edi Irawan.


Ihwal informasi itu, Lazismu Ponorogo menginisiasi untuk memberikan bantuan berupa tandon air yang beri isi 1200 Lt. Dengan harapan mampu memfaslitasi  kebutuhan tandon yang dirasa masih sangat kurang.


Pada Sabtu, 28 Oktober 2017, Lazismu beserta Ketua M. Zulkarnaen dan perwakilan PCM Pulung, Sumarni berangkat bersama ke daerah yang kami maksud. Alasan mengajak PCM Pulung yang diwakilkan oleh Sumarni, karena disalah satu desa yang mengalami kekeringan terdapat ranting Muhammadiyah.


Dalam prosesi penyerahan tendon air, M. Zulkarnain mengatakan, melalui program Lazismu, semoga tandon ini dapat menampung air lebih dari yang dibutuhkan, sehingga bisa terdistirbusi dan membantu pemenuhan kebutuhan air. “Terutama di Desa Karang Patihan, ” jelasnya.


Lazismu mengucapkan terimakasih kepada para muzaki yang telah berpartisipasi dan memercayakan lancarnya program ini di lapangan.. Semoga dengan upaya yang kecil ini, manfaatnya bisa dirasakan bagi orang yang membutuhkan, kata Zulkarnaen. (na).