• info@lazismu.org


Karya dan Konser Amal Mahasiswa UMSIDA, Lazismu: Membangun Nilai Kepedulian

20/05/2019

Sidoarjo – LAZISMU. Ramadhan menjadi ajang berbagi, dan silaturrahmi antar sesama. Begitu dengan kegiatan yang bertajuk Ramadhan yang digelar oleh mahasiswa Umsida ini didukung oleh Lazismu Umsida (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo) yang dilaksanakan di GOR Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (18/5/2019).

 

Kegiatan yang mengusung konsep "UMSIDA EXPLORE" ini adalah kegiatan yang digelar oleh kemahasiswaan Umsida, salahsatunya mahasiswa yang berada di UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa).

 

Dalam kegiatannya berupa bagi takjil berjumlah 500 paket, lalu konser amal dari Ikabama (Ikatan Band Mahasiswa), serta ada pameran foto dari MCV (Media Community Visualization).

 

Tujuan kegiatan ini, menurut Yekti Pitoyo, Amil Lazismu Umsida, adalah untuk mengenalkan Lazismu Umsida khususnya dan kiprah sosial mahasiswa pada masyarakat. Lazismu memberikan bantuan buka puasa untuk masyarakat yang masih berada di jalan.

 

Lanjut, dalam keterangan tertulisnya melalui media daring pada Lazismu, Senin (20/5/2019), menurutnya kalau dilihat segi mahasiswa bisa memberikan edukasi untuk nilai-nilai kepedulian dan kedermawanan sosial.

 

Terakhir, beliau berharap pada mahasiswa untuk semakin sadar akan makna berbagi, kerjasama dalam satu tim.

 

“Mahasiswa akan semakin menyadari arti berbagi, kekompakan dalam tim kerja lapangan dan juga bahagianya berbagi,” pungkasnya.

 

Sebagaimana dikutip dalam keterangan tertulis melalui pesan media daring ke Lazismu, (20/5/2019), mahasiswa Administrasi Publik Fakultas Bisnis Hukum dan Ilmu Sosial (FBHIS) semester 4, Eva Nirmala yang sekaligus relawan Lazismu, mengatakan ia merasa senang karena dapat mengambil hikmah dari kegiatan konser amal tersebut.

 

“Acaranya menyenangkan,selain itu kita juga bisa mengambil hikmahnya dari kegiatan konser amal yaitu kita harus saling berbagi antar sesama umat manusia tanpa memandang ras, suku bangsa dan agamanya,” ungkapnya.

 

Salah satu penerima beasiswa Sang Surya Lazismu itu melanjutkan, hal ini juga melatih kekompakan dan menimbulkan harmoni, karena yang mengikuti kegiatan konser amal tidak hanya dari tim Lazismu saja, tapi seluruh ormawa (Organisasi mahasiswa) Umsida pun turut serta dalam kegiatan.

 

Lazismu Umsida selama bulan ramadhan juga memberi takjil untuk berbuka puasa di beberapa titik yang dilaksanakan bersama Himpunan Mahasiswa (HIMA), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

 

Data pembagiaan Lazismu Umsida di program bagi takjil; Komisariat Avverus IMM UMSIDA, 200 paket takjil, di Masjid Al FAlah Gempol Pasuruah dan Masjid At Taqwa Krembung SIdoarjo, Hima IPA UMSIDA, 200 paket takjil, depan kampus 1 UMSIDA, Komisariat FISIP AN NUR IMM UMSIDA, 160 paket, di Panti asuhan Aisyiyah Sidoarjo, Komisariat IMM Psikologi, IMM, 170 paket, Panti Asuhan Mambaul Quran, Sidoarjo, HIMA Psikologi, 100 paket, Kampus 2 UMSIDA, FIKES, 100 paket, panti asuhan Muhammadiyah Trowulan, Mojokerto, HIMA PRODI Manajemen, FBHIS, 120 paket, Jalan Raya kampus 3 UMSIDA, PSM Suryanada, 100 paket, Alun 2 Sidoarjo. (bp)