• info@lazismu.org


Lazismu dan ‘Aisyiyah Surabaya Lakukan Pendampingan kepada Penderita TB

28/08/2019

Surabaya – LAZISMU. Kiprah organisasi perempuan ‘Aisyiyah dalam gerakan dakwah dan pemberdayaan berbasis filantropi fokus pada membantu masyarakat dalam pencerahan, dan membantu masyarakat dari impitan kemiskinan. Salah satunya yang menjadi program nasional adalah penanggulangan Tuberculosis (TB) dalam pembangunan kesehatan di Indonesia dan pencapaian target Millenium Development Goals (MDGs) dalam penurunan angka penyebaran penyakit menular.

Seperti dilakukan PD ‘Aisyiyah Surabaya yang berkolaborasi dengan Lazismu pada Rabu, 28 Agustus 2019, saat melakukan kunjungan sekaligus bakti sosial kepada tiga warga penderita TB di Kelurahan Kemayoran, Kecamatan Krembangan Surabaya, Jawa Timur.

Selain menyampaikan bantuan dana pengobatan dan bingkisan sembako bersama PD ‘Aisyiyah Surabaya, Lazismu yang diwakili Andul Hakim dan Warsono melakukan pendampingan agar ketiga penderita TB tersebut terus dapat menjaga kebersihan serta tidak lupa untuk tetap beribadah dan berdoa agar penyakit yang diderita segera pulih.

Rozali (48) salah satu penderita TB yang tinggal di gang sempit, di Krembangan Jaya Selatan 61 tinggal di rumah petak berukuran 3 x 3 meter. Rozali ternyata tinggal bersama Atiyah ibunya, serta tiga saudara kandungnya. As'ari (46 th) salah seorang adiknya bahkan tergolek di ruang pengab itu dalam kondisi tak berdaya akibat tumor prostat yang diderita.

Tidak hanya Rozali, menurut Ketua Pimpinana Daerah ‘Aisyiyah Alifah Hikmawati, ada penderita TB berikutnya, Musta'in (53) yang tinggal di Krembangan Jaya Utara Gang 7 turut dalam sasaran program ini. “Sejak di PHK dari perusahaan tempatnya bekerja, mantan satpam ini merasakan beratnya harus menanggung biaya pengobatan  intensif selama tiga tahun melalui BPJS mandiri,” ungkapnya.






                                                                                                                                                                                                                                                                                                          Kondisi yang sama dialami Sri Wahyuni (21), seorang ibu muda yang tinggal di dekat bantaran samping rel kereta api Krembangan Jaya. Dalam kesempatan itu, Koordinator TB HIV Care 'Aisyiyah Siti
Maslamah mengatakan, berat badan wanita ini ternyata kurang dari 25 kg akibat penyakit yang diderita.

Sementara itu, Camat Krembangan, Agus Tjahyono dan Lurah Kemayoran, Hastiadi yang datang langsung ke lokasi bersama Lazismu dan PD Aisyiyah dan menerjunkan Kader TB Care 'Aisyiyah Kamsinah terus menyosialisasikan hidup sehat kepada warga agar terus menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Hastiadi berkomitmen akan membantu penderita TB berupa pengobatan gratis melalui program BPJS yang di tanggung pemerintah. (hk)