• info@lazismu.org


Jihad Kemanusiaan, Relawan Muhammadiyah Kalsel Tanggap Bencana di Tanah Bumbu

17/06/2019

Tanah Bumbu – LAZISMU. Setelah sholat subuh berjama’ah di masjid Attaqwa pukul 05.30 waktu setempat, Relawan Muhammadiyah Kalimantan Selatan sebanyak 15 orang sedang bersiap dan berkemas untuk pendistribusian paket bantuan kepada korban musibah bencana banjir di Tanah Bumbu. Hujan yang tak kunjung reda, namun tidak menyurutkan semangat relawan Muhammadiyah Kalsel tetap ber-fastabiqul khairat dalam jihad kemanusiaan.

 

Sebelum berangkat tim relawan Muhammadiyah Kalsel, dari Ketua MDMC wilayah Kalimantan selatan memberikan arahan, “Alhamdulillah, kami sangat berterima kasih, sinergi yang dibangun saat ini bukan hanya dari internal Muhammadiyah, namun dari pihak lainnya seperti Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UIP Kalimantan Bagian Tengah,” ujar Ginanjar Sutrisno.

 

Gunajar melanjutkan dengan adanya sinergi ini, mengajak relawan agar tetap solid, dan selalu berkoordinasi dengan relawan dan pihak desa.

 

“Ditambahkan juga agar tim relawan tetap solid, dan terus berkoordinasi dengan relawan disana serta pihak-pihak desa terdampak,” terang nya.

 

Kegiatan aksi pendistribusian paket bantuan kepada bencana banjir di kabupaten wilayah provinsi Kalimantan Selatan, pada Rabu-Kamis (13-14/6/2019) ini berjalan berkat kerjasama yang baik oleh Relawan Muhammadiyah Kalimantan Selatan yang terdiri dari Lazismu Kabupaten Banjar, Lazismu Banjarbaru, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Banjar, MDMC Banjarbaru, MDMC Kalimantan Selatan dan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Kabupaten Banjar, serta 2 orang amil YBM PLN UIP Kalimantan bagian Tengah.

 

Dalam pendistribusian bantuan tersebut, MDMC Wilayah Kalimantan Selatan menunjuk koordinator tim relawan Muhammadiyah Kalimantan Selatan."Setelah mendapatkan informasi terdapat Bencana Banjir di Tanah Bumbu kami melaksanakan koordinasi dengan posko induk bantuan Muhammadiyah di Tanah Bumbu," ungkap Tito Dwi Wirawan, yang juga sebagai Sekretaris BPO KOKAM PW Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Selatan.

 

Paket yang didistribusikan dari internal Muhammadiyah berupa 100 paket dari Lazismu Kabupaten Banjar dan Banjarbaru dan 100 paket tambahan dari YBM PLN UIP kalimantan bagian Tengah. Paket tersebut berupa sembako dan hygiene kit.

 

Terdapat puluhan desa terkena dampak banjir, seperti beberapa kecamatan di Tanah Bumbu yaitu di kecamatan Kusan Hulu, kecamatan Mantewe, dan kecamatan Kusan Hilir, serta kecamatan Sebamban yang memiliki wilayah yang cukup luas, dan di beberapa titik bencana musibah banjir ini terdapat lokasi yang sulit untuk di jangkau. (bp)