Kembangkan Potensi Ekonomi, Lazismu Banjar Berdayakan UMKM

10/09/2020

MARTAPURA - Lembaga Zakat Infaq dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Banjar serahkan bantuan program pemberdayaan UMKM kepada lima penerima manfaat pada (05-06/09) di berbagai lokasi.

Pemberdayaan UMKM merupakan program yang diinisiasi oleh LAZISMU untuk mengembangkan potensi ekonomi keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan produktivitas dalam upaya mengentaskan kemiskinan, khususnya dimasa pandemi COVID-19. Dalam pelaksanaan pemberdayaan UMKM kali ini Lazismu di dukung oleh Alfamidi, Wardah, dan Anggoro Eko Cahyo.

Ginanjar Sutrisno, Manajer Lazismu Kabupaten Banjar menjelaskan bahwa penyerahan bantuan ini sebagai perpanjangan tangan lazismu pusat melalui Lazismu Kalimantan Selatan.

“Penyerahan bantuan pada lima UMKM sebagai penerima manfaat di Kabupaten Banjar ini sebagai meneruskan amanah dari Lazismu Pusat melalui Lazismu Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Ginanjar menambahkan program pemberdayaan UMKM tidak hanya memberi berupa tambahan modal saja. “Kami melaksanaan program ini tidak hanya sekali pertemuan saat penyerahan dana saja melainkan terus dilakukan pemantauan secara rutin hingga mengetahui perkembangan usaha mitra binaan sebagai penerima manfaat,” tambahnya.

Nurdin, Pemilik Usaha Rotimu yang juga salah satu penerima manfaat mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan. “Saya ucapkan terima kasih kepada Lazismu beserta pihak pendukung lainnya atas bantuan ini,”

Nurdin menambahkan bantuan yang diterima nantinya akan di gunakan untuk pengembangan usaha seperti pembelian alat. “Bantuan yang saya terima ini rencananya akan dipergunakan untuk membeli alat seperti oven karena untuk saat ini produksi tidak bisa terlalu banyak karena keterbatasan alat yang dimiliki,” tambahnya.

Lima penerima manfaat UMKM kali ini yakni Rotimu di Biih, Nasi Goreng Julak di Sekumpul, Kerupuk Rambak Sapi di Pekauman Ulu, Lakasi Manyablon di Karang Intan dan Sekumpul Multimedia di Sekumpul. Selain lima penerima manfaat kali ini sebelumnya Lazismu Kabupaten Banjar juga telah memiliki dua mitra binaan yakni Abon MU di Tiwingan dan Kedai Nyamsir di Martapura. (MDN)