90 Rumah Akibat Puting Beliung, Lazismu Jawa Tengah Salurkan Bantuan

13/03/2021

TEGAL - Lazismu Jawa Tengah menyerahkan bantuan ke korban terdampak angin puting beliung di Kalinyamat Kulon, Mardagana, Kota Tegal, Kamis (11/3).

Bencana angin puting beliung melanda Kota Tegal, Jawa Tengah, Jumat (26/2). 

Sedikitnya 125 rumah dilaporkan mengalami kerusakan di dua kelurahan di Kecamatan Margadana, dalam kejadian yang terjadi sekitar pukul 04.00 WIB.

Bantuan dari Lazismu Jawa Tengah tersebut langsung diserahkan oleh Direktur Lazismu Jawa Tengah Ikhwanushoffa, Manager Program Maya Rabiatul Adawiyah, dan Staf Program Ahmad Fauzi.

Angin puting beliung memporak-porandakan sekitar 90 rumah. 60 rumah di Kelurahan Kalinyamat Kulon dan 30 titik di Kelurahan Margadana.

Sebagian besar kerusakan berat terjadi pada atap rumah penduduk. Beruntung tidak ada korban dalam kejadian ini.

Ikhwanushoffa menyebut bahwa Lazismu Jawa Tengah hadir untuk meninjau lokasi sekaligus memberikan bantuan warga terkait dengan kerusakan atap rumah. 

Ia berharap warga yang terkena musibah bisa langsung membenahi dan rumahnya bisa pulih.

Pada saat yang sama, Maya Rabiatul Adawiyah menyebut bahwa Lazismu Jawa Tengah sudah menyiapkan anggaran melalui penggalangan dana kemanusiaan Siaga Bencana yang selanjutnya menjadi hak warga masyarakat yang terkena musibah.

"Penggalangan dana kemanusiaan Lazismu Jawa Tengah diprioritaskan untuk seluruh warga Jawa Tengah yang terkena musibah. Dana hasil penghimpunan ini sepenuhnya menjadi hak warga untuk menerimanya. Kami hanya sebagai lembaga penghimpun," ujar Maya.

Penyerahan bantuan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Tegal, H. Alif Syarifuddin, M.Hum., Ketua Lazismu Kota Tegal Kisbianto, Direktur Lazismu Kota Tegal Muhammad Rosidin, Ketua RT, dan beberapa relawan yang bergabung dalam Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kota Tegal.

Sementara itu Wahidin Hasan, Manager Fundraising Lazismu Jawa Tengah menambahkan, Lazismu akan terus mengajak masyarakat Jawa Tengah hingga akhir Maret mendatang untuk terus menggalang dana kemanusiaan bersama melalui Lazismu. Sehingga apapun bencana yang menimpa warga masyarakat se-Jawa Tengah bisa direspon oleh Lazismu Jawa Tengah.

Reporter: Yusuf