Abdul Mu'ti Ajak Masyarakat Bantu Korban Bencana Melalui Lazismu

19/01/2021

JAKARTA - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengajak masyarakat untuk menyalurkan donasinya melalui Lazismu. Hal ini ia sampaikan setelah melihat bencana yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia belakangan ini.

Ia menyebut bahwa penghimpunan dana akan sangat bagus jika dilakukan secara serentak. "Masyarakat harus menghimpun dana untuk korban musibah di berbagai daerah dan disalurkan melalui Lazismu," tegasnya.

Menurut Mu'ti, musibah selalu menimbulkan berbagai macam persoalan. Ada korban-korban yang kehilangan tempat tinggal bahkan kehilangan anggota keluarga. Maka, masyarakat harus saling tolong-menolong dengan memberikan donasi.

Guru Besar Pendidikan Agama Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga berpesan agar infaq hari Jumat besok disalurkan ke korban bencana yang ada di berbagai daerah melalui Lazismu.

Ia berharap masyarakat dapat memberikan dukungan dan bantuan yang terbaik agar persoalan masyarakat yang sedang tertimpa musibah dapat segera diatasi dan segera pulih.

"Kita harus segera rekonstruksi atau pembangunan kembali sarana dan prasarana yang rusak akibat bencana alam," tutupnya.

Sebagaimana diketahui, setelah terjadi berbagai bencana di Indonesia, Lazismu menggelar berbagai aksi galang dana melalui Program Indonesia Siaga.

Aksi-aksi yang dilakukan oleh Lazismu antara lain membuka donasi di partner Lazismu kitabisa.com, menyebarkan flyer digital, broadcast pesan ke donatur, dan lain-lain. Selain itu, Lazismu juga memberikan bantuan tunai langsung senilai seperempat miliar untuk penanganan darurat bencana di Sulawesi Barat.

Menariknya, dalam satu malam donasi dibuka melalui kitabisa.com, donasi yang masuk langsung mencapai angka 100 juta rupiah.

Dalam merespon bencana banjir di Kalimantan Selatan, Lazismu bersama MDMC mengerahkan 110 personil untuk melakukan evakuasi & penyelamatan warga, membuka jalur distribusi logistik, membuka pos pelayanan, dan menyiapkan puluhan ribu makanan siap saji.

Sedangkan dalam merespon bencana gempa bumi di Sulawesi Barat, Lazismu sebagai fund manager bagi gerakan sosial Muhammadiyah yang diwakili oleh MDMC membantu secara pendanaan operasi evakuasi & penyelamatan warga, pembukaan pos koordinasi, melakukan distribusi logistik, dan membuka pelayanan dapur umum.

Reporter: Yusuf