Antisipasi Penurunan Kesehatan Pasca Banjir, Muhammadiyah Gelar Layanan Kesehatan

26/01/2021

HULU SUNGAI TENGAH - Muhammadiyah Disaster Management Centre (MDMC) Kalimantan Selatan melalui MDMC Hulu Sungai Selatan menurunkan beberapa relawan medis ke beberapa Pos Layanan (Posyan) MDMC Kalimantan Selatan, salah satunya yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah pada tanggal 19-25 Januari 2021.

Relawan medis ini menggelar layanan kesehatan kepada para penyintas bencana banjir. Hal ini dilakukan sebagai respon pasca terjadinya banjir yang melanda kabupaten tersebut, khususnya dalam bidang kesehatan.

Dr. Didi Kurniadi selaku perwakilan MDMC Hulu Sungai Selatan menerangkan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan didasari adanya indikasi penurunan tingkat kesehatan masyarakat.

"Kami memprediksi pasca banjir tentunya akan ada penurunan tingkat kesehatan masyarakat akibat dari higienitas yang kurang, ditambah lagi aktivitas fisik yang meningkat karena harus membersihkan sisa-sisa bencana banjir," terangnya.

Ia pun menambahkan, keluhan yang cukup banyak dirasakan selama kegiatan layanan kesehatan ini berupa penyakit kulit. "Karena ini berupa bencana banjir, kami menemukan keluhan warga tidak jauh dari penyakit kulit seperti kutu air, selain itu ada pula yang mengeluhkan kelelahan," imbuhnya.

Senada dengan itu, Miftah Farih selaku Ketua Divisi Tanggap Darurat, Rehabilitasi dan Rekonstruksi (TDRR) MDMC Kalimantan Selatan menyampaikan bahwa pemberian layanan ini merupakan bagian dari tahap rehabilitasi.

"Kegiatan layanan kesehatan ini merupakan bagian rehabilitasi pasca bencana di bidang kesehatan karena bagaimanapun warga terdampak tidak sedikit yang mengeluhkan menurunnya kesehatan tubuh," imbuhnya.

Relawan medis yang diturunkan dalam aksi tersebut terdiri dari dokter spesialis, dokter umum serta paramedis seperti perawat dan bidan, serta ditambah beberapa personil non medis. Warga cukup antusias dengan adanya layanan kesehatan yang digelar selama beberapa hari tersebut. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya warga yang antre guna mendapatkan layanan. Sesuai dengan data yang terhimpun, total penerima manfaat layanan ini adalah sebanyak 887 jiwa.

Pos Layanan Muhammadiyah yang memberikan layanan kesehatan terdapat di lima lokasi, yaitu di Masjid Mujahidin, Desa Hantakan, Desa Aluan, Desa Murung A, dan Desa Pagat. Selain relawan medis Muhammadiyah yang tergabung dalam MDMC ikut pula relawan perorangan maupun yang berasal dari organisasi profesi seperi Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawan Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan lain-lain

Reporter: M. Nashir/Yusuf