sumber: detik

Banjir Bandang Terjang Enam Kecamatan di Garut

12/10/2020

GARUT - Enam kecamatan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, terdampak bencana banjir bandang dan longsor yang terjadi pada hari Senin (12/10) setelah hujan deras mengguyur wilayah itu sejak Minggu (11/10) malam. Air dari sungai-sungai mulai naik ke permukaan jalan dan merendam rumah warga sejak pagi tadi.

Dilansir dari Detik, BPBD Garut belum menerima informasi adanya korban jiwa atas kejadian banjir bandang tersebut. Banjir bandang ini diprediksi merendam ratusan rumah warga di Cibalong dan Pameungpeuk yang terletak di pesisir Pantai Santolo itu. Jaringan listrik di dua kawasan itu pun dikabarkan padam.

Tim penyelamat masih berupaya mengevakuasi warga ke tempat aman. "Banjir di wilayah selatan memang dipicu akibat intensitas hujan yang tinggi di beberapa wilayah. Sehingga terjadi kenaikan debit air di sungai," ucap Tubagus, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut.

Asep Mulim, tim Lazismu Kabupaten Garut mengatakan bahwa Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Garut pagi ini sudah turun ke lokasi. Jara antara pusat Kabupaten ke lokasi adalah 4 jam perjalanan.

“Kita belum sempat melakukan koordinasi dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) terdekat mengingat mereka masih sibuk mengamankan dan bersih-bersih. Selain itu, jarak yang jauh membuat kami belum mendapatkan banyak informasi,” ujarnya melalui pesan tertulis. (Yusuf)