Banjir Semakin Tinggi, Relawan Muhammadiyah Lakukan Tanggap Bencana

14/01/2021

KALIMANTAN SELATAN - Hujan yang terus mengguyur secara merata di Kalimantan Selatan (Kalsel) membuat banjir di beberapa kabupaten dan kota semakin parah. Ketinggian air mencapai dua hingga tiga meter.

"Sejak tadi malam hingga sepanjang siang hari ini hujan masih mengguyur dengan intensitas cukup tinggi, sehingga debit air tak menyurut bahkan terus meninggi," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel Mujiyat, di Martapura, Kalsel, Rabu, 13 Januari 2020.

Dilansir dari medcom, ia menyebut bahwa kondisi terparah masih terjadi di dua kabupaten yaitu Banjar dan Tanah Laut. Ribuan rumah di 10 kecamatan terdampak banjir di Kabupaten Banjar kini terendam dengan ketinggian air bervariasi.

“Di Kecamatan Pengaron, salah satu yang terparah ketinggian airnya mencapai dua hingga tiga meter,” ucapnya.

Mujiyat mengungkapkan, seluruh tim SAR gabungan kini bahu membahu melakukan proses evakuasi warga. Anak-anak, wanita dan lanjut usia jadi prioritas diselamatkan.

"Kami ingatkan masyarakat agar mau dievakuasi karena kondisi banjir saat ini belum ada tanda-tanda surut lantaran hujan yang terus terjadi," tegasnya.

Sementara itu, relawan Muhammadiyah yang dikomandoi oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kalimantan Selatan melakukan respon cepat evaluasi warga yang terdampak banjir. 

Miftah Farih, Divisi Tanggap Darurat, Rehabilitasi, dan Rekonstruksi (TDRR) MDMC Kalimantan Selatan menyebut bahwa relawan Muhammadiyah terdiri dari seluruh Organisasi Otonom Muhammadiyah seperti Hizbul Wathan, Tapak Suci, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul 'Aisyiyah, dan 'Aisyiyah.

"Relawan Muhammadiyah menerjunkan relawan ke beberapa titik sekaligus mendirikan Dapur Umum di beberapa daerah. Selain itu kita juga terus koordinasi dengan berbagai pihak baik internal maupun eksternal Muhammadiyah," ujarnya melalui pesan tertulis kepada lazismu.org.

Menurutnya, kebutuhan mendesak MDMC adalah logistik, sembako, vitamin, obat-obatan, makanan siap saji, hygiene kit, dan suplemen untuk relawan. 

Selain itu, Lazismu Kalimantan Selatan beserta Lazismu Daerah-Kantor Layanan se Kalimantan Selatan membuka donasi untuk membantu korban banjir di Kalimantan Selatan dan membantu relawan untuk bekerja di lapangan.

"Ini masih sangat sibuk. Hujan terus turun sementara debit air semakin tinggi. Sebagian rumah sudah tenggelam," imbuhnya di tengah melakukan pekerjaan kemanusiaan.

Reporter: Yusuf