Bersama Lazismu, Alfamart Salurkan Family Kit untuk Korban Banjir Kalsel

17/03/2021

BARITO KUALA - Muhammadiyah Kalimantan Selatan menyalurkan bantuan berupa "Family Kit" untuk warga terdampak banjir di beberapa desa di Kabupaten Barito Kuala pada Sabtu, (30/01).

Bantuan tersebut disalurkan oleh relawan Muhammadiyah yang terdiri dari berbagai unsur, seperti Pimpinan Wilayah Aisyiyah Kalimantan Selatan, Lazismu Kota Banjarmasin, Angkatan Muda Muhammadiyah Kota Banjarmasin, serta Pondok Pesantren Muhammadiyah Al Furqon Kota Banjarmasin.

Donasi Alfamart merupakan program donasi dari konsumen di seluruh gerai Alfamart melalui kembalian belanja dalam rangka partisipasi konsumen untuk membantu mereka yang membutuhkan. 

Penyaluran donasi tersebut bekerjasama dengan lembaga-lembaga sosial, salah satunya adalah lembaga zakat, infak dan shodaqoh nasional yaitu Lazismu. Seluruh dana yang terkumpul dari penghimpunan donasi di gerai Alfamart akan digunakan untuk pelaksanaan program yang dilakukan di daerah-daerah yang terdapat gerai Alfamart, dan dikelola secara profesional serta bertanggungjawab oleh Lazismu. 

Program-program yang menjadi fokus penyaluran donasi tersebut berbasis 5 pilar, yaitu pilar pendidikan, pilar kesehatan, pilar ekonomi, pilar dakwah, dan pilar sosial kemanusiaan. Pada pelaksanaan kali ini program yang dijalankan adalah program Indonesia siaga yang merupakan bagian dari pilar sosial kemanusiaan.

Adriani Yulizar selaku Wakil Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Selatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada konsumen Alfamart dalam seremonial penyerahan paket bantuan secara simbolis sebelum didistribusikan kepada para penerima manfaat. 

"Terima kasih kepada konsumen Alfamart atas kontribusinya berupa bantuan untuk korban banjir di Kalimantan Selatan," ucapnya.

Senada dengan itu Manajer Program, Fundraising dan Kerjasama Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan, Abdullah Sani menjelaskan bahwa pendistribusian ini melibatkan banyak pihak. 

"Di lapangan kami tidak bergerak sendiri melainkan dibantu oleh beberapa pihak seperti Pimpinan Wilayah Aisyiyah Kalimantan Selatan, Lazismu Kota Banjarmasin, Angkatan Muda Muhammadiyah Kota Banjarmasin, serta Pondok Pesantren Muhammadiyah Al Furqon Kota Banjarmasin," jelasnya. 

Sani juga menambahkan bahwa lokasi penerima manfaat tersebar di beberapa desa di Kabupaten Barito Kuala. Di antaranya Karang Indah, Tatah Belayung, dan Pinang Raya. Untuk menuju ke lokasi cukup jauh dari titik keberangkatan di Kota Banjarmasin yakni menempuh waktu 2 jam dengan melewati beberapa titik banjir.

Sementara itu Paimin, warga Desa Karang Indah sekaligus Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Karang Indah, Kabupaten Barito Kuala menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Lazismu dan Alfamart. 

"Terima kasih bantuan yang diberikan oleh Lazismu dan Alfamart untuk warga yang terdampak di Karang Indah. Bantuan ini tentunya sangat bermanfaat," pungkasnya.

Bencana banjir yang melanda 10 dari 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan ini telah terjadi mulai pertengahan Januari lalu dengan korban terdampak yang tidak sedikit. Muhammadiyah terus membantu warga terdampak, baik pada masa tanggap darurat maupun saat pemulihan.

Reporter: MDN/Yusuf