• info@lazismu.org


Cegah Skabies, Lazismu-FK UI Bentuk Duta Santri Sehat Ponpes Daarul Ishlah

01/07/2019

Jakarta Selatan – LAZISMU. Pada pagi itu, Sabtu (29/06) dimulai program pemberatasan skabies di Ponpes Daarul Ishlah, Warung Buncit, Jakarta Selatan.

 

Santri yang mengikuti kegiatan ini sekitar 183 santri. Begitu banyaknya santri yang ikut hadir ini dapat dilihat melalui raut wajah santri-santi yang antusias hadir untuk ikut pengobatan skabies.

 

Program Kesehatan Pemberantasan Skabies Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) ini adalah kegiatan kedua dari empat pertemuan. Hari ini, tepatnya, Sabtu (29/06) adalah pertemuan yang kedua.

 

Pada kali ini acara berlangsung dengan dimulai sosialisasi mengenai skabies oleh tim dokter FK UI kepada 40 santri pilihan untuk dijadikan duta santri sehat.

 

Lalu, di waktu yang sama juga ada konsultasi dan pengobatan skabies para santri Ponpes Daarul Ishlah dari tim dokter FK UI.

 

Prof Saleha, tim dokter FK UI mengatakan, dari rangkaian pengobatan ini yang diagendakan selama 4 kali dan pada hari ini (29/6/2106) untuk yang kedua kali. Diharapkan wabah skabies dapat tertanggulangi.

 

Menurutnya, agar ada 40 santri yang menjadi duta kesehatan di ponpes ini. Mereka dapat membantu mendeteksi santri-santri lainnya yang terdampak skabies. Semoga ponpes ini bersih dari wabah skabies dan santri dapat hidup sehat dilingkungan yang bersih.

 

Ihwal duta santri sehat itu, selain mendeteksi yang terdampak skabies, kemudian, dapat melaporkan ke ustadz ponpes Daarul Ishlah, lalu akan diteruskan ke dokter FK UI untuk ditindaklanjuti.

 

Program jangka panjangnya, diharapkan duta santri sehat itu selepas dari ponpes dan menjadi ustadz, dapat mendeteksi gejala dini skabies di masyarakat. (bp)