Dapat Hibah Alphard, Masjid Al Jihad Banjarmasin Dirikan KL Lazismu

21/12/2020

BANJARMASIN - Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) 4 Banjarmasin menggelar peresmian Kantor Layanan (KL) Lazismu Masjid Al Jihad Kota Banjarmasin pada Jum’at (18/12) di Halaman SD Muhammadiyah 8 dan 10 Kota Banjarmasin.

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa jama’ah Masjid Al Jihad, para guru SD Muhammadiyah 8 dan 10, Lazismu se-Kota Banjarmasin, Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan, dan tamu undangan. Mereka yang hadir tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti mencuci tangan terlebih dahulu, menggunakan masker, serta menjaga jarak.

Dilansir dari menara62, secara khusus KL Lazismu Masjid Al Jihad ini diresmikan oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, S.Pi., M.Si. ditandai dengan penandatanganan prasasti pendirian.

Walikota dalam sambutannya menyampaikan atas nama pemerintah Kota Banjarmasin penghargaan dan apresiasi setinggi-setingginya atas pergerakan Lazismu di Kota Banjarmasin.

“Pemerintah sangat terbantu apalagi alhamdulillah kali ini diresmikan pula Kantor Layanan Lazismu Al Jihad. Semoga nilai-nilai kebaikan yang ada pada lingkungan Masjid Al Jihad ini terus dan mampu membawa kebaikan di Kota Banjarmasin,” ujarnya.

Sementara itu, Taufik Hidayat, Ketua PCM 4 Banjarmasin menjelaskan bahwa sudah lama menginginkan pendirian Kantor Layanan Lazismu di Masjid Al Jihad dan hari ini dapat terealisasi.

Ia menyebut bahwa Masjid Al Jihad sebelumnya sudah banyak melakukan kegiatan-kegiatan sosial yang penerimanya sudah sampai luar Kota Banjarmasin. Misalnya memberikan sumbangan untuk kebakaran di Kotabaru yang disalurkan melalui Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan.

“Selain itu ada pula dalam penyelenggaraan kematian di sini kami menyediakan pemandian hingga penguburan jenazah secara gratis kepada masyarakat yang memerlukan. Masjid ini juga sudah memiliki ambulan, beberapa buah mobil, bahkan baru saja menerima hibah Toyota Alphard,” jelas Taufik.

Umransyah Alie, M.H., Ketua Badan Pengurus Lazismu Kalimantan Selatan juga mengapresiasi terbentuknya KL Lazismu Al Jihad di PCM Kota Banjarmasin. Ia berharap agar Kantor Layanan ini mampu menyelesaikan isu-isu kemanusiaan.

Selain dilaksanakan penandatangan prasasti peresmian Kantor Layanan, pada akhir acara juga dilaksanakan penyerahan bantuan dari Lazismu kepada Ahmad Rifani, guru SD Muhammadiyah 8 dan 10 yang mengalami musibah kebakaran. Bantuan ini dihimpun oleh Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan serta berasal dari jama’ah Masjid Al Jihad dan siswa SD Muhammadiyah 8 dan 10.

Pembentukan KL Lazismu Masjid Al Jihad Kota Banjarmasin ini dalam rangka optimalisasi penghimpunan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) di Kota Banjarmasin, khususnya untuk Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) berupa masjid serta penguatan kelembagaan di Muhammadiyah. Selain itu, KL Lazismu Masjid Al Jihad Kota Banjarmasin diharapkan dapat menjadi percontohan pengelolaan dana ZIS untuk AUM masjid di Kalimantan Selatan.