Dapatkan Donasi Terbanyak, Lazismu KL Dukun Gresik Launching Mobil Layanan Sosial

14/09/2020

Pada hari Jumat (4/9), Kantor Layanan (KL) Lazismu Dukun, Gresik melakukan kegiatan launching mobil layanan sosial Lazismu. Lazismu Gresik menyerahkan mobil Grandmax dari Ketua Badan Pengurus Lazismu Gresik Abdul Rozaq MPdI kepada Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Dukun Nafik Madalil MPd. Kepala Kantor KL Lazismu Dukun, Muflihun, sebagaimana dilansir dari pwmu.co.

“Alhamdulillah lega rasanya. Kami bersyukur, karena pada akhirnya cita-cita kami untuk memiliki mobil layanan sosial ini bisa tercapai,” katanya.

Dia mengatakan bahwa dukungan dan partisipasi warga Dukun dalam pengadaan mobil melalui penjualan kupon ini luar biasa. Walaupun di masa-masa sulit karena himpitan ekonomi akibat wabah Covid-19, lanjutnya, antusias warga untuk membeli kupon masih sangat tinggi.

Mobil layanan sosial, menurutnya, sangat penting keberadaannya. Mobil ini nantinya sebagai sarana bagi warga yang kesulitan askes transportasi menuju tempat layanan kesehatan.

“Semoga bisa membantu masyarakat pra-sejahtera di Dukun dengan pelayanan cuma-cuma,” harapnya.

Karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19, sambungnya, acara yang bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Dukun Jalan Raya Dukunanyar ini dilaksanakan sesuai protokol kesehatan mulai pukul 13.00-15.00 WIB.

“Rangkaian acara yang diakhiri dengan pengguntingan pita ini berlangsung sederhana, singkat, namun hikmat,” ujarnya.

Kepala Kantor Lazismu Kabupaten Gresik Minal Abidin mengatakan Lazismu Gresik tahun 2020 mencanangkan target lima mobil layanan sosial yang disebarkan di KL se-Gresik.

“Mobil layanan sosial yang diberikan ke KL Lazismu Dukun ini merupakan realisasi karena mereka berhasil menghimpun kuota 50 persen dari harga mobil,” ujarnya.

Dia menjelaskan KL Lazismu Dukun paling banyak mendapatkan donasi sehingga Lazismu Gresik memutuskan merealisasian mobil layanan dengan mensubsidi 50 persen kekurangan untuk pengadaannya,” jelasnya.

Sebagaimana dilansir dari pwmu.co, dalam launching tersebut, tampak hadir para tokoh dan sesepuh Muhammadiyah Cabang Dukun, KH Muzafir, KH Munir Abbas, H Oman Sholihin SAg, H Sholihin Hamid Sag, dan H Sahal Ba’i.

Hadir pula Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Dukun Nafik Madalil MPd, Ketua Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Dukun Dra Zumaroh, Ketua Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Dukun Alan Haviludin, dan Ketua Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah (PCNA) Indah Faizah SPdI.

“Alhamdulillah peserta mengikuti rangkaian acara dengan tenang dan tertib serta disiplin menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Dia memaparkan selain acara launching, Lazismu Kabupaten Gresik juga sangat mengapresiasi semangat filantropi warga Dukun.

Staf fundraiser (penggalangan dana) Lazismu Dukun yang juga bertugas sebagai pembawa acara Miftakhul Huda mengatakan Lazismu kabupaten Gresik, lanjutnya, memberikan penghargaan antara lain kategori penghimpunan infaq filantropi tertinggi diberikan kepada PRM Sekargadung.

Kategori penghimpunan infak Roda Surga untuk pengadaan mobil penghargaan diberikan kepada PRM Padangbandung. Kategori ketiga, perolehan zakat maal dan program Ramadhan terbaik diberikan kepada PRM Dukunanyar.

“Bukan nilainya, tetapi ini sekadar bentuk apresiasi Lazismu Gresik. Semoga dapat menambah semangat PRM/PRA dalam program filantropi keluarga sakinah,” katanya.

Dalam sambutannya Ketua PCM Dukun Nafik Madalil MPd mengatakan infak yang diserahkan kepada individu, tidak akan dapat menyelesaikan masalah secara optimal. Tetapi jika diserahkan kepada Lazismu kemanfaatannya akan semakin terasa.

Hal senada juga juga disampaikan Ketua Badan Pengurus Lazismu Gresik Abdul Rozaq MPdI. Dia sangat mengapresiasi pertumbuhan dan perkembangan KL Lazismu Dukun. Tidak hanya dalam perolehan infaqnya tetapi juga pentasyarufannya, terutama dalam pemberdayaan UMKM. (Yusuf)