Entaskan Kemiskinan, Lazismu Jember Salurkan Bantuan Kambing

05/01/2021

JEMBER - Lazismu Jember menyalurkan bantuan berupa hewan ternak kambing untuk diternakkan oleh dhuafa di Jember, pada Selasa (22/12). Penerima manfaat ini bernama Tija dan Cak Mol. Dua orang yang saling bertetangga ini tinggal di Kecamatan Pakusari, Jember. Sistem pemberdayaan ini menggunakan sistem gado.

Dilansir dari laman resmi Lazismu Jember, anak-anak dari biakan hewan ternak beserta induknya akan diberikan sepenuhnya kepada penerima manfaat. Sedangkan induk yang sudah tidak produktif akan dikembalikan sebagai penerimaan hewan ternak setelah masa gado-nya selesai.

Dedi Miftahul, salah seorang tim Lazismu Jember menyebtu bahwa perubahan paradigma dalam membantu orang perlu dilakukan, utamanya dalam pemberdayaan masyarakat agar mereka dapat berdiri di atas kaki sendiri. 

Menurutnya, mandirinya anggota masyarakat akan memberikan efek domino saling menginspirasi pada sesamanya. Dedi menyebut bahwa pemberian bantuan yang hanya konsumtif perlu dikurangi agar masyarakat tidak bergantung. Alih-alih membantu, yang ada adalah memelihara kemiskinan.

Tija dan Cak Mol adalah inspirasi untuk mau dan bangkit secara mandiri memikul nasibnya. Lazismu Jember hanyalah stimulus yang menyediakan akses agar mereka dapat mewujudkan mimpi-mimpinya dan lepas dari jeratan kemiskinan. Meski hanya melalui hewan ternak kambing, tetapi mudah-mudahan jika dikerjakan ikhlas lillahi Ta'ala akan memberikan keberkahan tersendiri. 

"Mudah-mudahan kambing yang telah kami pasrahkan ke Tija dan Cak Mol dapat dikembangbiakkan secara baik," terang Dedi Miftahul, tim Lazismu Jember yang memberikan langsung ke penerima manfaat. (Yusuf)